Kamis, 29 Juni 2017 |
Kesehatan- News Gallery

Tips Turunkan Demam Dengan Buah Berkhasiat Ini

Rabu, 23 Nov 2016 | 06:31 WIB
Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Hampir semua orang pasti pernah mengalami demam, bukan? Demam merupakan satu kondisi dimana suhu tubuh berada diatas 370 C yang disebabkan oleh penyakit atau peradangan. Demam sendiri merupakan pertanda bahwa sel antibody (sel darah putih) kita sedang melawan suatu virus yang menyerang kita.

Ketika demam datang, seseorang umumnya akan mengalami panas dingin pada tubuh dan rasa tidak nyaman sehingga yang ada tubuh semakin lemas dan tidak bernafsu makan. Ketika tubuh mengalami demam, pastilah Anda akan berusaha mengatasinya, bukan? Selain mengonsumsi obat penurun panas, kita bisa menurunkan panas dengan mengonsumsi bahan-bahan alami, salah satunya : buah-buahan. Buah-buahan sangat ampuh meningkatkan imunitas tubuh sehingga membantu tubuh dalam melawan demam.

Hem, kira-kira apa saja buah-buahan yang ampuh menurunkan demam? Agar lebih jelasnya, simak nama-nama buah yang berkhasiat, berikut ini :

Air Kelapa

Air kelapa tidak hanya menyegarkan tubuh, tapi kandungan ion dan mineralnya sangat ampuh membantu menurunkan demam. Jadi, ketika Anda demam, pastikan jangan segan-segan mengonsumsi air kelapa agar tubuh cepat bugar.

Delima merah

Delima termasuk salah satu buah surga yang ternyata mengandung banyak nutrisi, diantaranya antioksidan dan vitamin C. Kandungan tersebut sangat ampuh meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh lebih cepat pulih dan suhu tubuh kembali normal.

Semangka

Semangka sangat kaya air, vitamin B6 dan kalium sehingga membantu menyegarkan tubuh lebih cepat. Selain itu, ketika suhu tubuh meningkat, tubuh cenderung mengalami kekurangan cairan dan dengan mengonsumsi buah semangka, maka suhu tubuh akan lebih cepat turun.

Apel

Apel mengandung vitamin, mineral dan nutrisi penting lainnya yang paling mudah dicerna tubuh dan bermanfaat mempercepat proses penyembuhan penyakit, termasuk menurunkan demam.

Melon

Melon kaya vitamin C dan E serta mengandung banyak air sehingga membantu menyegarkan tubuh dengan cepat. Ketika kebutuhan cairan terpenuhi, maka suhu tubuh akan mudah kembali normal.

Mentimun

Mentimun tidak hanya kaya air, tapi juga berbagai nutrisi penting dari mulai kalsium, magnesium yang membantu menurunkan demam dan memulihkan kondisi tubuh lebih cepat.

Pisang

Pisang tidak hanya memiliki rasa yang lezat tapi kandungan nutrisinya juga tinggi, salah satunya kalsium. Kandungan tersebut tidak hanya memperbaiki system pencernaan yang menurun akibat demam dan juga menurunkan demam dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh.

Jeruk

Bukan rahasia lagi jika jeruk termasuk buah yang kaya akan vitamin C, dimana salah satu manfaatnya adalah untuk mengembalikan imunitas tubuh. Dengan begitu, otomatis suhu tubuhnya akan reda dengan cepat. Konsumsi jus jeruk untuk membantu pulihkan kondisi tubuh yang tengah dilanda demam.

Selain beberapa jenis buah diatas, masih banyak buah-buahan lain yang memiliki khasiat yang sama, diantaranya: papaya, kiwi, stroberi, dan lainnya. Meski demam bisa diatasi dengan buah-buahan, namun ada beberapa jenis demam yang tidak boleh diremehkan. Segera datang ke dokter jika mengalami demam yang disertai beberapa tanda, diantaranya :  sakit kepala serius, muntah berak, ruam kulit tak wajar, sesak nafas, nyeri saat buang air kecil, sakit perut, dan lainnya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat buat kita semua. [04]

Penulis: Viva
Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

LAINNYA

Manfaat Susu Kambing untuk Kosmetik
Senin, 26 Jun 2017 | 12:26 WIB
Manfaat Susu Kambing untuk Kosmetik
8 Khasiat Sehat Dengan Secangkir Teh Jahe
Minggu, 25 Jun 2017 | 00:01 WIB
8 Khasiat Sehat Dengan Secangkir Teh Jahe
Kenali Penyebab Gatal-Gatal di Lipatan Tubuh
Sabtu, 24 Jun 2017 | 00:01 WIB
Kenali Penyebab Gatal-Gatal di Lipatan Tubuh

KOMENTAR

Tips Turunkan Demam Dengan Buah Berkhasiat Ini VIA FACEBOOK
Tips Turunkan Demam Dengan Buah Berkhasiat Ini VIA DISQUS

BERITA TERKAIT

Top