Senin, 16 Juli 2018 |
Kesehatan - News Gallery

Tips Sederhana Mencegah Diabetes Sejak Usia Muda

Senin, 17 Apr 2017 | 01:02 WIB Dibaca: 547 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Saat ini, diabetes tidak hanya merupakan penyakit bagi orangtua. Usia muda juga berisiko mengembangkan diabetes tipe 2, karenanya wajib melakukan pencegahan sejak dini.

Mengadopsi gaya hidup sehat adalah langkah penting untuk mencegah diabetes sejak usia muda. Berikut tips sederhana untul mencegah diabetes sejak usia muda:

Ayuverda

Obat-obat tradisional dari India atau ayuverda memiliki peran dalam mengatur gula darah. Begitu juga dengan kunyit yang bermanfaat mengurangi kadar glukosa berlebih dalam darah. Kunyit juga berfungsi mencegah kerusakan kardiovaskular yang disebabkan oleh kelebihan gula dalam darah.

Kurangi makanan manis

Membiasakan diri dengan mengurangi makanan yang banyak mengandung gula, termasuk porsi karbohidrat. Konsumsi karbohidrat berlebih, mampu memperlambat penyerapan makanan oleh usus. Sehingga memaksa pankreas untuk mengeluarkan sejumlah besar insulin.

Jaga berat badan

Mempertahankan berat badan idela merupakan aspek penting dalam menghindari diabetes mellitus. Menurunkan berat badan cukup 5 kg dalam setahun, mampu mengurangi risiko terjadinya diabetes. Diet sehat disertai olahraga, cara sehat untuk meminimalkan risiko diabetes.

Pilih lemak yang sehat

Lemak jenuh memberi pengaruh besar terhadap perkembangan diabetes tipe-2. Terjadinya peradangan menyebabkan resistensi insulin. Asupan asam lemak omega-3 mampu mecegah terjadinya diabetes.

Olahraga

Pola hidup sehat harus disertai dengan olahraga teratur. Selain bermanfaat bagi kesehatan jantung dan kestabilan tekanan darah, olahraga dapat membantu pengaturan kadar glukosa dalam darah. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Tips Sederhana Mencegah Diabetes Sejak Usia Muda
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top