Sabtu, 24 Juli 2021 |
News Gallery - Lifestyle

Tips Pilih Koper untuk Traveling

Sabtu, 30 Sept 2017 | 16:10 WIB Dibaca: 1201 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Melakukan perjalanan jauh akan lebih menyenangkan jika menggunakan koper untuk membawa barang-barang keperluan selama liburan. Salah satu alasan utamanya adalah kemudahannya. Koper dapat menampung lebih banyak barang dibandingkan dengan membawa tas ransel.

Saat ini banyak jenis koper yang dijual di pasaran. Tapi apakah Anda tau koper jenis apakah yang cocok digunakan selama traveling?

Berikut ini beberapa penjelasan dari Koordinator PT. Lohmun Indonesia (Hush Puppies), Rudiansyah, mengenai pemilihan koper yang tepat untuk Anda.

Koper sendiri terbagi menjadi dua jenis mulai dari koper softcase dan koper hardcase. Dirinya menyarankan jika Anda melakukan perjalanan jauh bisa menggunakan koper jenis hardcase.

"Untuk perjalanan jauh lebih baik menggunakan jenis model hardcase, sebab untuk softcase mudah kotor karena berbahan kain. Terlebih kalau hardcase akan tahan jika masuk di konveyor," ungkapnya.

Jika berkaitan dengan kapasitas bawaan penumpang yang lebih banyak, dirinya lebih menyarankan untuk menggunakan koper jenis softcase. Sebab koper berbahan kain ini mampu menyimpan lebih banyak dibandingkan dengan koper jenis hardcase.

"Kalau menggunakan softcase akan 20 persen lebih banyak untuk membawa barang-barang. Untuk kebutuhan traveling bisa kedua-duanya apalagi setelah jalan-jalan bisa membeli oleh-oleh," ucapnya.

Di sisi lain, untuk ketahanan koper, katanya bergantung dari pemakaian dari si pemiliknya.

"Biasanya kerusakan pada di roda, disarankan agar ketahanannya lebih kuat di aspal yang halus. Kalau aspal yang kasar akan memengaruhi karet rodanya," ucapnya.

Terkait dengan perawatannya, dirinya pun memberikan beberapa tips agar koper awet dan tetap dalam keadaan bersih.

1. Untuk koper jenis softcase, jika kotor gunakan campuran deterjen dengan air hangat. Gosok pada bagian yang kotor menggunakan sikat gigi kecil. Ingat, yang dibersihkan hanya bagian yang kotor saja, dan jangan dibasuh air ke seluruh bagian koper. Setelah dibersihkan langsung dikeringkan.

2. Perawatan untuk koper hardcase jauh lebih sederhana. Ketika lecet, bagian permukaan yang lecet tersebut dibersihkan dengan menggunakan minyak kayu putih atau baby oil.

3. Untuk perawatan roda agar baik, bersihkan dengan dilap menggunakan kain dan air bersih. Sesudah itu, roda tadi pun ditutupi menggunakan kain atau styrofoam atau busa juga bisa.

4. Setelah digunakan dan dibersihkan koper tersebut ditutupi dengan kain, agar terhindar dari debu. Disarankan tidak ditaruh di dalam lemari, kalau bisa di atas lemari agar terhindar dari kelembapan.  [viva]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Tips Pilih Koper untuk Traveling
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top