Kamis, 18 Oktober 2018 |
News Room

Tips Mudik Asyik dan Nyaman dari Menhub

Rabu, 06 Jun 2018 | 07:01 WIB Dibaca: 244 Pengunjung

Suasana arus mudik sejumlah calon penumpang kereta api di Stasiun.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memberikan beberapa tips agar mudik Lebaran tahun ini dapat berjalan dengan baik. Masyarakat diminta dapat memilih moda transportasi yang tepat sesuai dengan kenyamanan para pemudik.

"Untuk mudik, karena kita ingin sekali mudik ini guyub rukun. Ada beberapa tips yang disarankan, tentunya rencanakan mudik itu dengan baik. Baik yang menggunakan moda angkutan laut, udara, kereta api maupun yang lain, jadi masyarakat harus memilih yang terbaik untuk dirinya," ungkap Budi Karya di Mabes Polri Jakarta, Selasa (5/6/2018).

Lebih jauh dia mengatakan, untuk moda transportasi udara sepenuhnya sudah dipersiapkan dengan baik oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Namun Budi Karya mengimbau kepada masyarakat yang memilih menggunakan transportasi pesawat ketika mudik, agar tidak membuat lelucon tentang adanya bom.

"Kalau untuk udara, saya pikir sudah dipersiapkan dengan baik, tapi tolong cek degan baik tiket dan sebagiannya. Dan jangan bercanda tentang bom, karena kita akan berlakukan penuntutan," tegas mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu.

Budi Karya menambahkann, bagi para pemudik jalur darat seperti kereta api, bus, bahkan kendaraan umum, baik mobil pribadi dan motor agar tetap memperhatikan keselamatan. Mengingat jarak tempuh yang dicapai dengan menggunakan beberapa kendaraan tersebut cukup jauh.

"Tips memang kita banyak sampaikan kepada yang jalur darat. Kalau yang menggunakan bus sebaiknya gunakan dengan cara online karena itu tanggung jawabnya lebih jelas," imbuhnya

"Bagi angkutan darat lainnya kalau mengendarai mobil pribadi, persiapkan dengan baik karena jalannya panjang. Anda harus siap denga segala sesuatu. Motor sebaiknya apabila lebih dari 60 kilometer, saya sarankan lebih baik tidak menggunakannya," dia menuturkan.

Terakhir Budi Karya menyarankan, waktu yang tepat untuk keberangkatan mudik Lebaran adalah pada 10 hingga 11 Juni mendatang. "Waktu mudik yang baik adalah tanggal 10 atau 11 karena preferensi ada di tanggal 8-9 dan 13-14. Dan pulangnya bukan tanggal 19-20 tapi 21-22," pungkasnya. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Tips Mudik Asyik dan Nyaman dari Menhub
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top