Minggu, 20 September 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Tips Mudah Percepat Penyembuhan Patah Tulang

Minggu, 22 Jan 2017 | 01:02 WIB Dibaca: 1243 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Patah tulang memang sangat menyakitkan. Rasanya sangat nyeri dan mengganggu aktivitas. Apalagi jika terjadi di bagian tubuh yang sering kita gunakan untuk bergerak. Patah tulang pun penyembuhannya cukup lama, ada yang mingguan, bulanan, bahkan bertahun-tahun.

Hal ini tergantung pada tingkat keparahannya, jenis tulang, dan jenis patah tulangnya. Setelah dioperasi atau digips, jangan hanya berdiam diri menunggu sembuh, karena Anda bisa melakukan beberapa hal yang membuat patah tulang cepat sembuh.

Makan Makanan yang Sehat dan Minum Suplemen

Agar patah tulang segera sembuh, konsumsilah makanan yang kaya akan nutrisi agar penyembuhan lebih cepat, serta makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin D agar tulang tetap sehat.

Suplemen yang dikonsumsi pun harus suplemen yang mengandung kalsium, magnesium, fosfor, vitamin D, dan vitamin K. Usahakan untuk mengkonsumsi 1200 mg kalsium per hari.

Jika ingin segera sembuh, hindari makanan cepat saji dan gula, serta jangan minum minuman bersoda. Dan yang terpenting jangan merokok karena rokok dapat memperlambat masa penyembuhan.

Kompres Hangat

Jika patah tulang tidak disertai dengan luka, maka dapat dilakukan dengan kompres hangat. Caranya adalah dengan menggunakan kantung berisi air hangat atau handuk yang telah direndam air panas.

Kemudian letakkan di bagian patah tulang, dan lakukan sebanyak 3 kali dalam sehari selama kurang lebih 30 menit. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan aliran darah sehingga membantu perbaikan tulang.

Hindari Menggerak-gerakkan Anggota Tubuh yang Patah Tulang

Jangan menggerak-gerakkan anggota tubuh yang mengalami patah tulang. Setidaknya dalam 1 atau 2 minggu pertama. Baru kemudian jika tulang sudah mulai membaik, lakukan latihan sederhana untuk menguatkan otot-otot.
Itulah cara yang dapat kamu lakukan agar dapat segera sembuh dari patah tulang. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Tips Mudah Percepat Penyembuhan Patah Tulang
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top