Jumat, 22 Juni 2018 |
News Gallery - Tekno

Tips Mobil Tetap Kinclong Saat Musim Hujan

Sabtu, 17 Feb 2018 | 13:08 WIB Dibaca: 1435 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Hujan yang mengguyur Jakarta belakangan ini membuat para pemilik mobil susah, terutama mereka yang gemar menjaga keindahan tunggangannya.

Air hujan banyak mengandung asam dan kotoran, sehingga berpotensi membuat cat mobil kusam. Hal ini otomatis mengurangi penampilan mobil.

Usai diguyur hujan, ada pemilik yang langsung membawa mobil ke tempat pencucian. Namun, ada juga yang membiarkannya semalaman, karena pulang terlalu larut dan sudah lelah.

Mencuci sesering mungkin memang bisa menjaga penampilan bodi mobil cemerlang. Tapi, belum tentu hal itu bisa menjaga kualitas catnya.

Ada beberapa cara khusus yang sederhana dan mudah dipraktikkan, agar penampilan cat mobil tetap kinclong.

Untuk mencuci mobil, sebaiknya lakukan minimal dua kali dalam seminggu. Bahkan jika sudah tampak kotor, nggak ada salahnya membersihkan setiap hari, bukan? Apalagi sedang musim hujan seperti ini. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah debu menumpuk terlalu tebal di mobil kamu.

Mencuci mobil memang memerlukan ketekunan dan keahlian khusus. Oleh karenanya, nggak jarang orang lebih memilih membawa kendaraannya ke salon mobil.

Namun jika kamu ingin mencobanya sendiri di rumah bisa kok. Tapi, berhati-hatilah dengan sisa air sabun. Untuk cara mengkilapkan cat mobil adalah hindari mencuci di bawah terik matahari langsung. Sisa air sabun yang mengering akan meninggalkan bercak pada bodi mobil kamu loh.

Jangan Gunakan Detergen Untuk Mencuci Mobil

Sabun memiliki beberapa jenis yang tentu memiliki fungsi yang berbeda-beda. Nggak terkecuali sabun yang digunakan untuk mencuci mobil. Jangan kamu sekali-sekali mencuci dengan sabun yang mengandung detergen ya karena akan merusak cat mobil kamu.

Sudah banyak berbagai merk sampo khusus mobil yang beredar di pasaran. Namun jika kamu tetap kesulitan menemukannya, masih ada solusi lain kok. Kamu bisa menggunakan sabun atau sampo biasa dengan catatan nggak mengandung detergen ya.

Aturlah Tekanan Keluaran Air Dari Selang

Kotoran di mobil yang membandel memang lebih mudah dibersihkan dengan arus air yang tinggi. Namun, perlu kamu ketahui bahwa ini juga membahayakan cat mobil loh.

Cukup gunakan air dengan kekuatan menengah. Selain menyemprot dengan selang, bisa juga dilakukan dengan cara mengguyurnya.

Segera Keringkan Mobil Setelah Selesai Mencuci

Ketika dirasa seluruh bagian mobil sudah bersih, segera keringkan mobil. Ini juga merupakan salah satu cara merawat cat mobil agar tetap mengkilap. Jangan biarkan air terlalu lama membasahi bodi mobil ya.

Jangan pula mengandalkan sinar matahari untuk mengeringkannya. Hal tersebut bisa menyebabkan air yang tersisa akan membekas di bagian mobil kamu. Bersihkan secepat mungkin agar nggak ada bercak di cat mobil kamu.

Perhatikan Cara Mengelap Dan Bahan Kain Lap

Untuk mengelap mobil tentu saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama adalah mengenai bahan kain lap. Pilihlah bahan yang terbuat dari kulit atau kanebo agar air lebih cepat terserap. Jangan gunakan kain lap dari bahan katun ya, karena bahan itu sering menyimpan partikel-partikel kecil yang dapat menggores cat mobil kamu loh.

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah kamu harus berhati-hati ketika mengelap. Pastikan lap yang kamu gunakan bersih dan hati-hati ya ketika mengelap mobil juga salah satu cara mengkilapkan cat mobil agar nggak mudah rusak.

Gunakan Wax Agar Cat Mobil Mengkilap

Ada beberapa cara mengkilapkan cat mobil. Sebelum melakukan langkah tersebut ada beberapa bahan yang harus kamu siapkan nih. Bahan-bahan tersebut yaitu wax, busa, dan kain katun lembut atau jika ada microfiber ya. Langkah pertama untuk membuat cat lebih mengkilap adalah mengoleskan wax ke bodi mobil.

Caranya, pastikan dulu mobil kamu berada di tempat teduh agar wax tersebut nggak cepat mengering. Pengolesan wax bisa dilakukan dengan menuangkannya pada busa. Kemudian gosokkan bagian demi bagian mobil secara memutar.

Hindari menggosok wax langsung seluruh bodi mobil. Lakukan cara ini secara bertahap agar wax nggak mudah mengering, tunggu dulu kurang lebih 10 menit. Jika sudah kering, bersihkan bekas wax dengan kain atau microfiber ya. [viva]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Tips Mobil Tetap Kinclong Saat Musim Hujan
paslon 1 paslon 2 paslon 3 NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top