Kamis, 29 Oktober 2020 |
Lifestyle - Kuliner

Tips Menyimpan Daging Sapi Beku tanpa Merusak Rasa

Selasa, 19 Mei 2020 | 07:24 WIB Dibaca: 502 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Pernah mendapati daging sapi yang baru dibekukan akan terasa agak hambar saat dimasak atau diolah? Atau tekstur daging jadi rusak karena terlalu lama dibekukan? Menyimpan daging sapi tanpa merusakan rasa dan tekstur sebenarnya tidaklah terlalu sulit.

Ada teknik tertentu yang perlu dicoba dalam menyimpan daging sapi beku dengan tetap menjaga kualitas rasa dan teksturnya. Melansir food-hacks.wonderhowto.com, ada teknik yang disebut rapid freezing. Rapid freezing adalah kunci untuk mencegah terbentuknya kristal-kristal es berukuran besar pada daging saat dibekukan.

Gunakan Plastik Vacuum

Bagi daging sapi dalam beberapa bagian. Masukkan dan simpan di dalam kantong plastik vacuum. Penyimpanan dengan menghisap udara dari dalam kantong bisa mempercepat proses pembekuan.

Jangan Ditumpuk

Idealnya bahan makanan dengan ketebalan 5 cm akan beku dalam waktu 2 jam. Sebaiknya daging tidak ditumpuk saat disimpan di dalam freezer. Bisa dimasukkan ke dalam kantong plastik lalu diatur mendatar di dalam freezer atau disimpan dalam wadah yang memiliki pembatas bertingkat. Jangan ditumpuk terlalu tinggi saat disimpan di dalam freezer.

Menggunakan Es Batu dan Garam Kasar

Teknik rapid freezing yang satu ini perlu dicoba. Siapkan wadah yang berisi es batu, garam kasar, dan air. Lalu masukkan daging sapi yang sudah dibungkus dalam plastik ke dalam wadah tersebut. Diamkan beberapa saat lalu simpan di dalam freezer. Cara ini bisa mempercepat proses pembekuan pada daging lebih efektif karena mencegah pembentukan kristal es dan menjaga kualitas kepadatan daging dengan lebih baik. [fml]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Tips Menyimpan Daging Sapi Beku tanpa Merusak Rasa
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top