Sabtu, 26 September 2020 |
News Gallery - Lifestyle

Tips Mengontrol Tekanan Darah Lewat Pola Makan

Jumat, 17 Feb 2017 | 09:00 WIB Dibaca: 1519 Pengunjung

Foto Ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Diet sehari-hari memengaruhi kadar kolesterol dan tekanan darah. Jika Anda tergolong seorang penyuka junk food atau gorengan, sebaiknya hentikan kebiasaan buruk tersebut agar tidak membahayakan kesehatan.

Dilansir Mayoclinic, Kamis (16/2/2017), berikut diet sehat yang harus dilakukan oleh orang-orang usia 30 tahun ke atas untuk mengontrol tekanan darah normal. Simak yuk ulasannya!

Konsumsi makanan serba biji-bijian 
Biji-bijian utuh mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung. Jenisnya seperti gandum, sereal, biji labu, kwaci, dan masih banyak lainnya. Makanan ini juga lebih mudah diserap oleh pencernaan, sehingga tidak menimbulkan penyumbatan lemak.

Membuat menu makan seminggu 
Tulis resep makanan yang Anda konsumsi selama seminggu. Tentu pilih beragam menu kaya serat dari buah dan sayuran, makanan sumber protein dari daging dan telur, hingga beragam jenis serealia yang bermanfaat untuk sarapan. Simpan dalam buku harian Anda selama satu minggu dan terapkan setiap hari. 

Meningkatkan sumber kalium
Anda juga harus mempertimbangkan sumber kalium sebagai asupan yang sehat. Anda bisa mengonsumsi pisang, brokoli, alpukat, yoghurt, tomat, hingga ubi jalar. Sumber kalium bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah agar tidak terjadi lonjakan. 

Membaca label makanan saat berbelanja
Kebiasaan membaca label makanan mungkin tidak dilakukan oleh banyak orang. Mulai sekarang, jadilah pembeli yang cerdas saat berbelanja. Hal ini penting dilakukan agar Anda tahu jumlah kalori, kandungan gula dan garam dari makanan tersebut. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Tips Mengontrol Tekanan Darah Lewat Pola Makan

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top