Sabtu, 28 Maret 2020 |
Kuliner

Tips Mengolah Jengkol Supaya Empuk dan Tidak Berbau

Kamis, 06 Feb 2020 | 11:35 WIB Dibaca: 2057 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Jengkol merupakan makanan yang sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, terlebih bagi warga Betawi. Banyak kandungan vitamin yang ada di dalam jengkol, yang jarang diketahui oleh sebagian orang. Tidak semua orang menyukai jengkol, dengan alasan baunya yang tidak sedap.

Jika cara mengolahnya tepat, jengkol bisa menjadi masakan yang nikmat. Berikut ini beberapa tips mengolah jengkol agar tidak meninggalkan rasa pahit, berbau dan tentunya empuk.

Cuci Bersih

Ketika hendak merebus jengkol, ada baiknya untuk mencucinya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan membersihkan kotoran yang menempel pada jengkol. Cuci menggunakan air bersih yang mengalir.

Rebus Menggunakan Abu

Banyak orang ragu untuk memask jengkol, khawatir jika jengkol tidak empuk, berbau dan memiliki rasa pahit. Ketika hendak memasak jengkol, ada baiknya untuk merebus jengkol menggunakan abu. Tujuannya untuk membuat tektur jengkol menjadi empuk dan tak berbau, serta mengurangi rasa pahit pada jengkol itu sendiri.

Rebus menggunakan Kopi

Selain merebus menggunakan abu, merebus jengkol menggunakan bubuk kopi juga dapat menghilangkan aroma khas dari jengkol. Rebus jengkol bersamaan dengan bubuk kopi, hingga empuk.

Rebus Menggunakan Air Garam

Setelah merebus jengkol dengan abu atau bubuk kopi, bersihkan jengkol dengan air mengalir. Kupas kulit jengkol, usahakan bersih jangan sampai ada yang tertinggal. Bersihkan kembali jengkol. Kemudian rebus kembali dengan air garam selama 15 menit.

Jengkol Siap Dimasak

Setelah merebus jengkol dengan air garam, jengkol sudah siap untuk di masak menjadi kudapan lezat. Usahakan memberikan banyak bumbu ketika memesak jengkol. Jengkol paling enak dijadikan olahan semur atau rendang jengkol.  [vml]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

LAINNYA

Resep Omurice untuk Menu Sarapan
Rabu, 26 Feb 2020 | 16:21 WIB
Resep Omurice untuk Menu Sarapan
Resep Pudding Coklat Spesial Valentine
Selasa, 11 Feb 2020 | 12:10 WIB
Resep Pudding Coklat Spesial Valentine
Resep Pindang Bandeng khas Imlek
Rabu, 22 Jan 2020 | 09:22 WIB
Resep Pindang Bandeng khas Imlek

KOMENTAR

Tips Mengolah Jengkol Supaya Empuk dan Tidak Berbau

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top