Sabtu, 06 Juni 2020 |
News Gallery - Kuliner

Tips Mengolah Jantung Pisang, Makanan Sederhana Kaya Rasa

Selasa, 16 Jan 2018 | 09:09 WIB Dibaca: 501 Pengunjung

Jantung pisang.*

[NEWSmedia] - Pisang adalah buah dengan sejuta keajaiban. Bukan hanya buahnya yang enak dan sehat dikonsumsi, melainkan juga batang, daun hingga bagian jantungnya yang dapat dimanfaatkan.

Bagi orang Indonesia, jantung pisang sudah biasa diolah menjadi berbagai masakan lezat. Menjadi gulai, lodeh, tumisan sampai bothok. Tapi bagi pemula mengolah jantung pisang memang tak mudah karena jika tak benar, rasa pahit dan getirnya bakal membuat lidah kapok. Nah, bagaimana caranya: 

Membersihkan jantung pisang
Rasa pahit yang timbul saat mengolah jantung pisang adalah karena getahnya. Setelah dicuci, rebus jantung pisang sampai setengah matang, baru kemudian diolah. Kalau kamu memetik sendiri jantung pisang yang masih fresh, sebaiknya rendam semalam dengan air agar kandungan getahnya berkurang kemudian cuci dan rebus sampai setengah matang.

Rendam jantung pisang dengan air garam
Untuk mengeluarkan getah yang terkandung dalam jantung pisang, rendam dalam air garam kurang lebih 30-45 menit. Garam akan mengeluarkan getahnya sehingga air perendam akan berwarna kehitaman. Jika airnya sudah keruh, cuci bersih dan siap diolah.

Mengupas dan memotong jantung pisang
Jantung pisang dibalut kulit berwarna merah keunguan. Agar bisa dikonsumsi, bagian kulitnya dikupas hingga muncul kulit pisang yang berwarna putih kekuningan. Potong simetris jantung pisang menjadi empat bagian lalu potong kecil-kecil.

Itu dia serba-serbi mengolah jantung pisang agar lebih nikmat dikonsumsi. Selain rasanya enak, jantung pisang ternyata juga dapat mengobati berbagai penyakit seperti stroke dan diabetes. Bagaimana, apakah kamu penyuka jantung pisang? [vml]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Tips Mengolah Jantung Pisang, Makanan Sederhana Kaya Rasa
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top