Kamis, 20 September 2018 |
News Gallery - Kuliner

Tips Membuat Saus Telur Asin Serbaguna yang Creamy dan Nggak Bau Amis

Kamis, 08 Feb 2018 | 10:00 WIB Dibaca: 462 Pengunjung

Saus Telur Asin Serbaguna.*

[NEWSmedia] - Saus telur asin memang memiliki cita rasa yang begitu khas. Aneka menu bahkan bisa terasa lebih lezat bila diberi saus telur asin ini. Tapi gimana ya cara membuat saus telur asin yang enak dan creamy?

Pemilihan bahan yang tepat jadi kunci untuk membuat saus telur asin yang creamy. Kalau bahan-bahan yang kita gunakan berkualitas terbaik, saus yang dibuat pun bisa bebas dari bau amis. Untuk lebih jelasnya, yuk ikuti langkah-langkah pembuatan saus telur asin berikut ini.

Siapkan Bahan-Bahan
Untuk membuat saus telur asin yang enak, gunakan bahan-bahan terbaik, antara lain:
4 kuning telur asin, dilumatkan
2 sdm susu full cream
2 siung bawang putih, digeprek lalu dirajang
1 sdm mentega
5 lembar daun kari (daun salam koja)
1/2 sdt garam
1 sdt lada
1/2 sdt kaldu bubuk
air secukupnya

Tumis Bumbu Sampai Harum
Tumis bawang putih dan mentega sampai harum. Lalu masukkan daun kari. Daun kari ini bisa memberi aroma khas dan mengatasi bau amis telur asin. Taburkan garam, lada, dan kaldu bubuk. Aduk sampai rata.

Masak Hingga Berbusa
Setelah bumbu tumisan harum, baru masukkan kuning telur asin yang sudah dilumatkan. Masak dengan api kecil, aduk terus hingga berbusa. Nanti teksturnya akan lebih lembut dan creamy.

Tuangkan Susu Full Cream
Ini dia kunci untuk membuat tekstur saus telur asin lebih creamy. Tambahkan susu full cream, aduk rata. Di sini kita bisa menyesuaikan kekentalan teksturnya. Kalau ingin lebih creamy, bisa ditambahkan susu full cream lagi. Kalau dirasa terlalu kental, bisa ditambahkan sedikit air sambil terus diaduk.

Saus telur asin ini bisa disajikan dan dihidangkan dengan aneka olahan, seperti ayam goreng tepung, cumi-cumi goreng tepung, hingga tofu. Selamat mencoba, ladies! [vml]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Tips Membuat Saus Telur Asin Serbaguna yang Creamy dan Nggak Bau Amis

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top