Rabu, 02 Desember 2020 |
Kuliner

Tips Membuat Pempek yang Lezat

Sabtu, 17 Des 2016 | 10:08 WIB Dibaca: 3310 Pengunjung

tips membuat pempek palembang.*

[NEWSmedia] - Siapa yang tidak tahu pempek? Kuliner khas Palembang ini memang dikenal karena rasanya yang gurih dan lezat. Namun ternyata, mengolah pempek tidak semudah yang Anda bayangkan. Ada beberapa proses dan trik khusus yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan tekstur dan rasa pempek yang sempurna.
 
Memilih bahan
Biasanya, bahan utama untuk membuat pempek adalah ikan tenggiri. Gunakanlah ikan tenggiri yang segar, karena semakin segar ikan, aroma dan rasa yang dihasilkan akan semakin baik. Demikian juga untuk bahan-bahan pendukung lainnya, gunakan bahan yang segar.

Menghaluskan ikan
Untuk menghaluskan ikan, Anda bisa menggunakan food processor atau blender. Potong daging ikan yang durinya telah dibuang dengan ukuran kecil terlebih dahulu untuk memudahkan saat proses penghalusan. Lakukan proses ini tanpa menggunakan air.

Tepung
Membuat pempek lebih cocok menggunakan tepung sagu. Sebaiknya pilih yang ada di dalam kemasan untuk menghindari bau apek dan kutu tepung. Timbanglah tepung sesuai dengan resep yang ditentukan, karena jika terlalu banyak akan membuat pempek menjadi keras.

Membuat dan membentuk adonan
Untuk membuat pempek adonan tidak perlu dibuat sampai kalis. Cukup campurkan bahan dan tepung hingga rata supaya hasilnya tidak liat. Selain itu, sebaiknya membuat adonan menggunakan spatula. Ketika hendak membentuknya, Anda dapat melumuri tangan dengan tepung sagu agar tidak lengket.

Merebus dan menggoreng adonan
Didihkan air sebelum membentuk adonan pempek dan tambahkan sedikit minyak goreng, sehingga saat adonan sudah terbentuk dapat langsung direbus. Rebus adonan di atas api sedang dan air yang banyak hingga pempek mengambang. Khusus untuk pempek kapal selam, butuh waktu yang agak lama agar telur yang digunakan juga matang. Saat hendak menggoreng adonan pempek, gunakan minyak yang agak banyak di atas api sedang agar adonan matang sempurna. Sebelum menggoreng pempek, usahakan untuk meletakkan adonan di suhu ruang, agar teksturnya sempurna. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

LAINNYA

5 Manfaat Telur Makanan Favorit si Kecil
Rabu, 10 Jun 2020 | 13:04 WIB
5 Manfaat Telur Makanan Favorit si Kecil
Minuman Penyejuk Hati Ala Cawanrasa
Minggu, 07 Jun 2020 | 13:40 WIB
Minuman Penyejuk Hati Ala Cawanrasa

KOMENTAR

Tips Membuat Pempek yang Lezat
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top