Minggu, 27 Mei 2018 |
News Gallery - Kuliner

Tips Membuat Bubur Merah yang Lembut dan Lumer di Mulut

Sabtu, 30 Des 2017 | 10:01 WIB Dibaca: 1039 Pengunjung

Bubur merah lezat.*

[NEWSmedia] - Di Indonesia, bubur merah biasanya dibuat untuk acara khusus selamatan. Seperti hari lahir, baru dapat rezeki, dan lain sebagainya. Pembuatan bubur merah ini sebenarnya sederhana, hanya saja untuk mendapatkan bubur yang lembut ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan.

Untuk membuat bubur merah yang lembut, ada beberapa tips yang perlu diikuti. Yuk, kita perhatikan lagi biar nanti bubur yang kita buat bisa sempurna. 

Pemilihan dan Pencucian Beras
Beras yang digunakan sebaiknya yang memiliki bulir bagus dan tidak pecah-pecah. Beras perlu dicuci terlebih dahulu, kemudian direndam minimal 2 jam sebelum nantinya diolah. Kenapa harus direndam? Agar nanti ketika dimasak cepat lunak.

Perbandingan 1:5
Kalau mau memasak 1 liter beras, gunakan 5 liter air. Ingat-ingat perbandingannya, yaitu 1:5. Jadi kalau mau memasak 2 liter beras, air yang dibutuhkan adalah 10 liter. Bubur yang dimasak nantinya akan menyerap banyak air, jadi air yang dibutuhkan pasti lebih banyak.

Masak dengan Api Sedang
Agar semua bahan (seperti gula merah, santan, dan garam) terserap dengan baik, maka gunakan api sedang ketika memasaknya. Jangan lupa untuk diaduk setiap 5-19 menit. Pengadukan ini sangat dibutuhkan untuk mempercepat proses pemecahan bulir beras. Selain itu, agar proses penyerapan air dan santan lebih merata. 

Gunakan Sendok atau Spatula Kayu
Biar tidak menimbulkan kerak, gunakan sendok atau spatula berbahan kayu untuk mengaduknya. 

Siapkan Air Panas Cadangan
Bubur sudah meletup tapi sepertinya belum matang sempurna? Coba tambahkan air panas. Tujuannya agar kekentalan bubur tetap terjaga dan nantinya bisa matang merata. [vml]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Tips Membuat Bubur Merah yang Lembut dan Lumer di Mulut

BERITA TERKAIT

POLRES SERANG KOTA NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top