Senin, 10 Agustus 2020 |
Pariwisata

Tips Liburan di Pantai saat Panas Tak Jadi Musibah

Senin, 26 Des 2016 | 13:20 WIB Dibaca: 923 Pengunjung

foto ilustrasi.*

JAKARTA, [NEWSmedia] – Main di pantai untuk habiskan liburan akhir tahun dan sekolah sekarang ini adalah ide yang bagus. Tapi, jangan sampai liburan berubah jadi musibah karena ketidaksiapan kita menghadapi sengatan sinar matahari.

Kita bisa mencontoh kasus yang dialami seorang wanita Australia, baru-baru ini. Keasyikan bermain di pantai dengan bertelanjang kaki di bawah suhu 43 derajat Celsius membuat hampir seluruh telapak kakinya melepuh.

Dikutip dari Stuff, Jumat (23/12/2016), korban kemudian harus mendapat penanganan dari dokter karena luka sudah terlalu buruk. 

"Waktu terbaik untuk bermain di pantai adalah di pagi hari atau menjelang senja. Pasir akan lebih dingin sehingga bantalan kaki kita tidak akan terbakar oleh panas," kata pihak terkait, CEO RSPCA WA, David van Ooran. 

Hal yang sama berlaku saat Anda hendak membawa hewan peliharaan berjalan-jalan di sekitar pantai, saran van Ooran. “Cek dulu kondisi jalan atau pasir di pantai. Jika rasanya terlalu panas buat Anda, lantas jangan harap anjing peliharaan Anda mau jalan di atasnya,” pesannya.

Selain memilih waktu kunjungan yang tepat, kita sebaiknya juga memastikan tubuh kita seluruhnya terlindungi dari sengatan panas matahari, atau buruknya risiko kanker kulit, saat bermain di pantai. Mark Strickland selaku Cancer Council mengingatkan beberapa hal yang harus dipastikan sebelum bermain di pantai.

Cari tahu indeks UV di tempat liburan 
Indeks sinar UV harus dipertimbangkan sebagai indikator untuk merencanakan liburan Anda. Semakin tinggi indeksnya, maka semakin tinggi bahayanya. Jika indeks di atas tiga, maka sebaiknya Anda mengenakan pelindung tubuh dan Anda perlu sedikit khawatir.

Pakaian pelindung paling murah dan mudah 
Mengenakan pakaian tertutup namun nyaman adalah solusi terbaik untuk melindungi diri dari sinar UV. Ini jadi pilihan yang lebih murah dan lebih baik daripada mengenakan sunscreen. Sunscreen bekerja baik untuk melindungi tangan dan wajah yang tak terlindungi, namun harus dipakai berulang.

Kenakan topi lebar 
Topi baseball atau yang hanya menutupi tempurung dan memiliki lidah di atas mata sebaiknya tidak dipilih untuk liburan di pantai. Sementara itu, memakai topi yang lebar akan bisa menahan terpaan sinar matahari dari depan, belakang, maupun samping.[okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Tips Liburan di Pantai saat Panas Tak Jadi Musibah
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top