Kamis, 15 April 2021 |
News Gallery - Lifestyle

Tips Kenali Ciri-Ciri Intimidasi Emosional Pada Seseorang

Rabu, 10 Jan 2018 | 09:30 WIB Dibaca: 761 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Intimidasi, persekusi, atau bullying tidak hanya terjadi di taman bermain anak atau sekolah. Banyak orang dewasa mempraktikkan intimidasi emosional atau emotional bullying untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Intimidasi emosional sama jahatnya dengan intimidasi fisik. Bullying adalah taktik manipulatif bertujuan membuat seseorang patuh dan tunduk. Luka akibat intimidasi emosional jauh lebih lama sembuhnya.

Persekutor anak-anak atau pun dewasa tidak ada bedanya. Mereka hanya mempertahankan pendapat sendiri dan mengintimidasi orang lain. Ini saatnya Anda mengenali mereka dan sifat-sifat mereka, seperti dilansir dari berbagai sumber.

Ciri pertama orang yang suka merisak  adalah mereka mengatakan hal-hal buruk di belakang Anda, namun berkata baik di depan Anda. Orang yang mengintimidasi emosional biasanya tidak mengatakan kebenaran di hadapan Anda.

Kedua, mereka mengendalikan Anda dengan rasa takut dan pembalasan. Persekutor itu tak hanya menggertak satu orang, tapi siapa saja yang mengancam pandangan mereka atau posisi mereka. Persekutor bekerja dengan cara menebar rasa takut alih-alih mengintimidasi secara fisik. Istilahnya, mereka menyerang dari belakang layar.

Ketiga, persekutor selalu mempunyai target. Itulah mengapa Anda begitu takut menjadi korbannya berikutnya. Mereka tak ubahnya seperti pengecut. Satu-satunya cara mereka menjadi superior adalah membuat seseorang tampak lebih rendah atau lebih buruk dari mereka. Kerja mereka hanya mengkritik tanpa mau dikririk, marah tanpa mau dimarahi, menilai seseorang, dan menjatuhkan seseorang.

Keempat, mereka juga bisa memancing emosi Anda dengan hal-hal yang Anda benci atau tidak sukai. Berikutnya mereka akan masuk ke kehidupan Anda seolah menjadi orang yang sepaham dengan Anda, padahal faktanya mereka menyerang habis-habisan dari dalam.

Kelima, mereka biasanya menyerang orang-orang yang fobia sosial, atau orang yang mempunyai banyak ketakutan. Secara emosional mereka bisa mengintimidasi dan menjadikan Anda sebagai sasaran berikutnya.

Keenam, persekutor biasanya mengajak Anda mengikuti apa saja yang mereka sarankan, meski saran itu salah. Jika Anda berbicara dengan orang yang benar, mereka seharusnya tidak memaksanakan pendapat apalagi terlibat lebih dalam dengan masalah yang sedang Anda hadapi.[rpk]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Tips Kenali Ciri-Ciri Intimidasi Emosional Pada Seseorang

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top