Rabu, 24 April 2019 |
News Gallery - Tekno

Tips Kampas Kopling Motor Jadi Lebih Awet

Jumat, 22 Mar 2019 | 13:21 WIB Dibaca: 450 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Komponen kopling pada sepeda motor, berfungsi menyalurkan tenaga mesin ke roda melalui transmisi. Bagian terpenting di dalamnya adalah kampas.

Apabila peranti tersebut menipis, maka daya cengkeram kampas terhadap pelat kopling melemah. Imbasnya, performa motor jadi tak maksimal.

Habisnya kampas kopling bisa disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari usia komponen yang menua, sampai ke cara pemakaian yang tak benar. Bahkan, ada satu penyebab yang jarang sekali orang tahu.

Pemilik bengkel Riyan Jaya Motor di kawasan Bekasi Barat, Riyan menyatakan, banyak yang abai terhadap penggunaan kopling. Hal sepele saja, menurutnya, bisa sebabkan kampas kopling cepat habis.

"Malas mengganti gigi, bisa bikin kampas kopling abis. Kalau lagi macet terus ada di gigi tiga, pengendara malas menurunkan gigi. Padahal, harusnya disesuaikan giginya. Saat tarikan pertama, dalam keadaan gigi tiga, kopling butuh daya tambahan," ungkapnya.

Selain penggunaan yang tepat, ia juga menyarankan, untuk melakukan sedikit terapi pada kopling, agar usia kampas bisa lebih panjang. Hal tersebut bisa dilakukan di rumah. Yakni, dengan cara melepas dan menarik tuas kopling saat motor dalam keadaan mesin menyala.

"Sewaktu mesin nyala, kampas kan berputar. Rumah kopling yang buka-tutup, bikin oli melumasi kopling. Proses pelumasan itu bikin kampas gak gampang aus." jelasnya. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Tips Kampas Kopling Motor Jadi Lebih Awet

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top