Minggu, 22 April 2018 |
News Gallery - Tekno

Tips Jaga Jarak dengan Media Sosial

Jumat, 13 Apr 2018 | 13:04 WIB Dibaca: 168 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Facebook sedang berada dalam masalah perlindungan data pengguna yang disimpan di dalam platform mereka, akibat dari masalah ini, kampanye #DeleteFacebook atau Faceblock atau puasa media sosial bergema di dunia maya.

Tak disadari, para pengguna kerap sharing banyak hal soal kehidupan pribadi di media sosial. Data-data curhatan inilah yang dilihat dan bisa membuat pihak tertentu mengambil keuntungan.

Data tersebut ternyata bisa diambil agar platform ataupun akun yang terhubung dengan pengguna hanya mengetahui sedikit saja tentang dirinya, tanpa menghapus akun.

Melansir situs Mirror, berikut beberapa cara agar pengguna bisa menjaga jarak aman dengan media sosial.

1. Jangan Berikan Data Diri dengan Lengkap

Di Facebook terdapat pilihan untuk memasukkan nomor ponsel, ulang tahun, detail kartu kredit hingga status hubungan, baik pekerjaan maupun dengan pasangan saat ini. Selain itu, sharing tentang hal tersebut juga bisa menjadikan malapetaka karena dinilai terlalu mengumbar kehidupan personal.

Misalnya, nomor ponsel dan ulang tahun, yang apabila diketahui orang tak bertanggung jawab bisa untuk berbuat jahat.

2. Hanya Berteman dengan yang Nyata

Psikolog dari Universitas Oxford, Inggris, Robin Dunbar, mengatakan bahwa manusia bisa menjaga hubungan dengan 150 orang sekaligus, dari 3.375 pengguna media sosial yang diteliti, ia menyebut hanya sedikit saja orang yang bisa diandalkan, sisanya bersimpati saat krisis emosional.

Dengan adanya kejadian skandal Facebook ini seharusnya menjadi momentum untuk segera keluar rumah dan bertemu dengan orang-orang yang Anda kenal serta percaya.

3. Jangan Umbar Perjalanan Anda

Perjalanan liburan maupun bekerja, termasuk saat tagging di tempat Anda berada saat ini. Satu sisi, hal tersebut mengasumsikan bahwa Anda sedang bepergian keluar rumah. Sisi lain, secara tidak langsung, memberitahu kepada orang lain berapa lama Anda jauh dari rumah.

Ini bisa mengundang orang-orang tertentu untuk berbuat kejahatan.  [viva]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

LAINNYA

Tips Mengambil Manfaat Likopen Dalam Tomat
Minggu, 22 Apr 2018 | 06:32 WIB
Tips Mengambil Manfaat Likopen Dalam Tomat
5 Pemain Kelas Dunia Ini Tolak Barcelona
Minggu, 22 Apr 2018 | 06:02 WIB
5 Pemain Kelas Dunia Ini Tolak Barcelona

KOMENTAR

Tips Jaga Jarak dengan Media Sosial

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top