Rabu, 23 Mei 2018 |
Peristiwa - News Gallery - Tekno

Tips Irit Bahan Bakar Mobil Saat Berkendara

Kamis, 08 Feb 2018 | 13:00 WIB Dibaca: 1560 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Salah satu faktor konsumen dalam memilih mobil tentu mengenai konsumsi bahan bakarnya. Tak heran jika keiritan bahan bakar selalu ditonjolkan setiap produsen mobil saat menghadirkan produk-produk terbarunya.

Namun yang perlu diketahui, selain teknologi yang disematkan ada beberapa hal yang sebenarnya memengaruhi tingkat konsumsi bahan bakar sebuah kendaraan. Termasuk cara Anda mengemudikan kendaraan.

Dilansir di situs resmi Daihatsu, sebenarnya ada tekniik Eco Driving untuk menghemat konsumsi bahan bakar mobil. Teknik ini merupakan prinsip-prinsip dasar safety driving yang tujuan utamanya menghemat bahan bakar, berkendara dengan efisien dan mengurangi polusi.

Ada beberapa teknik dasar berkendara yang sebenarnya juga dapat membuat mobil Anda lebih irit. Apa saja itu?

Pertama, soal perpindahan gigi. Anda jangan menunggu mesin meraung saat memindahkan perseneling mobil ke posisi yang lebih tinggi. Idealnya, mengganti perseneling dilakukan antara 2.000 hingga 3.000 rpm.

Kedua, kecepatan mobil Anda harus stabil. Usahakan untuk mempertahankan kecepatan secara konstan dan stabil. Biasanya, pengemudi bisa mempertahankan putaran mesin di bawah 2.000 RPM untuk mencapai konsumsi bahan bakar mobil lebih irit.

Ketiga harus mengemudi dengan Smooth Driving. Hindari pengereman atau akselerasi yang tidak perlu. Kalau pun terjebak di tengah kemacetan, berkendaralah dengan lembut. Injak pedal gas dan rem secara halus. Hindari menginjak pedal gas dan rem dengan cara terburu-buru.

Yang terakhir, ketika mengemudi di tanjakan dan turunan sebisa mungkin menjaga kecepatan dan putaran mesin yang tidak terlalu tinggi. Cara ini untuk menjaga kinerja mesin agar tidak bekerja terlalu keras. Semoga bermanfaat. [viva]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Tips Irit Bahan Bakar Mobil Saat Berkendara

BERITA TERKAIT

POLRES SERANG KOTA NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top