Selasa, 13 April 2021 |
Kesehatan - News Gallery

Tips Hilangkan Racun Pestisida yang Menempel Pada Buah dan Sayur

Jumat, 30 Jun 2017 | 03:02 WIB Dibaca: 939 Pengunjung

Buah dan Sayur.*

[NEWSmedia] - Racun pestisida yang menempel pada buah dan sayur dapat menimbulkan masalah kesehatan jika dikonsumsi secara terus-menerus. Tentu saja masuknya pestisida dalam tubuh itu tidak disengaja, akibat kurang bersih saat mencuci bahan makanan tersebut.

Untuk mencegah munculnya berbagai masalah kesehatan yang ditimbulkan oleh kandungan bahan kimia berbahaya yang ada pada pestisida, maka cucilah buah dan sayur dengan benar.

Berikut ini tips hilangkan pestisida yang menempel di permukaan bahan makanan:

Rendam sabun anti bakteri

Ada jenis sabun pencuci sayur dan buah yang aman digunakan. Anda bisa merendam buah dan sayur dengan air yang telah diberi beberapa tetes sabun, 5 menit atau kurang. Setelah itu bilas dengan air mengalir agar sisa sabun dan kotoran ikut terbuang.

Rendam air garam

Merendam memakai garam sayur dan buah yang berkulit semisal jambu dan anggur, sebelum dikonsumsi akan membantu menghilangkan kuman dan kotoran di dalamnya. Bahkan pestisida yang menempel pun bisa dihilangkan dengan cara ini.

Mengupas

Cara ini juga efektif, namun kadang kulit buah dan sayur mengandung nutrisi tersendiri yang sayang jika harus terbuang. Anda bisa mengupas kulit buah dengan teliti sebelum mengonsumsinya.

Rendam air hangat

Siapkan satu mangkok air hangat cenderung panas, lalu rendam buah atau sayur di dalamnya. Cukup satu menit atau kurang, hingga pestisida larut dari permukaan buah. Setelah itu bilas dengan air biasa.

Rendam dalam air cuka

Anda bisa membuat larutan cuka dengan menambahkan beberapa sendok cuka ke air biasa. Cuka bisa diganti dengan perasan air jeruk nipis. Rendam sekira 2-3 menit buah atau sayur ke dalamnya, lalu bilas hingga bersih. Semoga bermanfaat. [sdm]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Tips Hilangkan Racun Pestisida yang Menempel Pada Buah dan Sayur
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top