Selasa, 04 Agustus 2020 |
Pariwisata - News Gallery

Tips Hemat Biaya Makan Saat Berwisata

Selasa, 03 Jan 2017 | 17:00 WIB Dibaca: 976 Pengunjung

berwisata dengan hemat dipulau.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Berwisata adalah kegiatan yang menyenangkan. Agar wisata Anda lebih menyenangkan, akan lebih baik jika terlebih dulu kita membuat anggaran khusus untuk wisata. Umumnya, selain hanya berwisata menikmati pemandangan alam yang indah, pantai yang luas, belum lengkap rasanya jika tidak sekaligus menikmati kuliner yang ada. Namun, terkadang harga makanan dan minuman yang dijual di sekitar tempat wisata harganya lebih mahal dibandingkan kita membeli di swalayan sekitar rumah. 

Sebagian orang ternyata memanfaatkan momen wisata sekaligus untuk menghemat pengeluaran wisata agar tidak terlalu berlebihan. Saat pergi berwisata, mereka biasanya membuat kudapan atau makanan kecil khusus untuk dibawa berwisata. tujuannya, agar saat di perjalanan, atau di lokasi wisata tertentu, tidak perlu untuk berhenti di warung makan dan membeli makanan dengan harga yang terkadang cukup tinggi. Selain berhemat, kebersamaan dengan keluarga saat berwisata juga lebih terasa.

Selain itu, berikut ada 6 tips untuk menghemat biaya makan saat berwisata:

Cari Penginapan yang Memiliki Dapur
Saat pergi berwisata, tentunya Anda ingin menikmati waktu untuk wisata semaksimal mungkin. Biasanya, Anda akan mencari tempat menginap yang nyaman di sekitar area wisata, agar selama beberapa hari bisa menikmati keindahan tempat tersebut. Untuk hal ini, sebaiknya Anda mencari penginapan yang memiliki dapur di dalamnya. Biasanya, penginapan berjenis hostel, hotel atau rumah tamu juga apartemen memiliki dapur di dalamnya. Setidaknya di sana ada tempat dan peralatan untuk memasak, agar bisa memasak untuk keluarga dan tidak perlu membeli makanan di restoran.

Makan Menyesuaikan dengan Penduduk Lokal
Berwisata yang sebenarnya justru di mana kita bisa merasakan segala hal yang ada di sekitar area tersebut, termasuk soal makanannya. Penduduk lokal di sekitar area wisata, biasanya juga ada yang menjual makanan lokal, atau kebetulan mereka sedang memasak makanan tradisional khas dari daerah mereka sendiri. Anda bisa mencoba alternatif makanan ini. Selain harganya lebih murah dibandingkan restoran, Anda juga bisa mencicipi seperti apa makanan dan bumbu yang menyertai makanan lokal tersebut.

Membeli Bahan-bahan Dasar untuk Memasak
Salah satu cara untuk menghemat anggaran berwisata, agar tidak banyak menghabiskan uang di restoran saja, adalah dengan membeli bahan-bahan dasar untuk memasak. Hal ini dilakukan agar Anda bisa memasak sendiri dengan bahan-bahan tersebut. Beberapa bahan dasar yang mudah untuk dimasak dan dapat dilakukan di mana saja adalah oatmeal, Susu, yogurt, dan aneka macam roti.

Menyiapkan Menu
Pergi berwisata ke tempat khusus, tentunya harus dibarengi dengan menu makanan yang khusus juga. Anda bisa mempersiapkan terlebih dulu, menu makanan apa yang akan dibuat dan dibawa untuk berwisata. Tidak usah terlalu detail, cukup tuliskan apa saja bumbu dan bahan yang diperlukan secara garis besar. Siapkan daftar belanjanya agar Anda lebih mudah saat harus berbelanja bahan makanan tersebut di mana saja.

Membuat Makanan yang Sederhana
Biasanya, saat hendak berwisata dan ingin membawa makanan, sebagian orang akan suka dengan makanan yang mudah dimasak dan juga praktis serta enak tentunya. Anda bisa membuat menu yang sederhana namun disukai semua orang, seperti ayam goreng, nasi goreng, dan juga beberapa macam tumisan. Jangan memasak makanan yang proses pembuatannya cukup lama, karena akan menyita waktu.

Membawa Wadah untuk Makan dan Minum
Saat ini, sudah banyak yang menjual wadah khusus untuk makan atau minum yang praktis dan aman. Anda bisa menggunakan Sterofoam dan juga garpu atau sendok plastik, yang bisa digunakan untuk sekali pakai. Anda juga bisa membawa misting atau piring plastik dan botol serta gelas plastik untuk minum. 

Persiapkan Bahan Makanan yang Mudah dan Enak
Sebelum pergi berwisata, sebaiknya kita mempersiapkan makanan khusus, dibandingkan pergi ke restoran yang umumnya cukup mahal di sekitar daerah wisata yang dituju.  Siapkan bahan makanan tersebut dan pastikan makanan ini dapat dibuat dalam kurun waktu yang relatif singkat, agar tidak terlalu mengganggu kegiatan berwisata. [rpk]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Tips Hemat Biaya Makan Saat Berwisata
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top