Rabu, 05 Agustus 2020 |
News Gallery - Tekno

Tips buat Pemotor yang Ingin Lewat Jalan Berlubang

Rabu, 05 Feb 2020 | 20:58 WIB Dibaca: 404 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Musim hujan seperti ini biasanya menimbulkan jalan rusak. Tak sedikit jalanan yang berlubang lantaran tergerus air hujan. Sifat air sebagai pelarut yang salah satunya bisa melarutkan material penyusun jalan menimbulkan kerusakan pada jalan tersebut.

Pengguna kendaraan bermotor khususnya pengendara sepeda motor diwanti-wanti agar ekstra waspada saat melewati jalan berlubang tersebut. Menurut Training Director Indonesia Road Safety Agent (IRSA), Poedyo "Ipung" Santosa, jalan berlubang bisa menimbulkan risiko untuk pemotor.

"Punya risiko mencederai pengendara. Saat hantam lubang bisa saja mencederai baik secara luka dalam maupun luka luar," katanya kepada detikcom belum lama ini.

Pria yang akrab disapa Ipung itu memberikan tips kepada pemotor yang melewati jalan rusak. Yang jelas, saat melewati jalan rusak, pengendara perlu memperlambat laju kendaraannya.

"Waspadai gerakan kendaraan lain dari berbagai sisi baik dari belakang, kanan, atau kiri," katanya.

Jika terpaksa masuk lubang, lewati secara perlahan agar tak ada guncangan berarti. Atau, kalau tak sempat mengerem dan sedang dalam kecepatan tinggi, posisikan tubuh dengan tepat.

"Posisikan tubuh setengah berdiri. Genggam kuat setang, buka siku keluar agar bisa meredam getaran yang timbul karena masuk lubang," sarannya. Cara itu juga membantu pengendara untuk tetap menjaga keseimbangannya dan menghindari motor oleng. [dtc]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Tips buat Pemotor yang Ingin Lewat Jalan Berlubang
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top