Rabu, 03 Maret 2021 |
News Gallery - Tekno

Tips Bikin Ban Tubeless Berumur Panjang

Sabtu, 15 Jul 2017 | 13:05 WIB Dibaca: 794 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Menggunakan ban tubeless untuk kendaraan bermotor dinilai lebih praktis. Salah satu kelebihan yang ditawarkan  ban ini yakni tidak mudah kempis jika menghantam benda tajam, atau dalam kondisi bocor.  Ini karena ban yang sudah tak menggunakan ban dalam lagi.

Kelebihan lainnya, ban tubeless dinilai lebih menggigit dan stabil jika dibawa menikung atau bermanuver saat kecepatan tinggi. Meski menawarkan berbagai kelebihan, ban jenis ini juga membutuhkan perawatan agar berumur panjang.

Teknisi Superban, Ali, menyebutkan, semua jenis ban memiliki perawatan yang harus tetap dilakukan agar ban dapat bekerja lebih maksimal. "Semua ban butuh perawatan, begitu pula ban tubeless," katanya.

Berikut cara mudah merawat ban tubless:

Tekanan Angin
Penyesuaian tekanan hanya dapat dilakukan saat ban menjadi dingin. Tekanan angin ban depan sekitar 32 psi dan belakang 38 hingga 40 psi.

Hindari Lem Cair
Jangan menutup lubang pada ban dengan lem cair atau lem ban. Cairan akan menyebar ke permukaan ban yang dapat berakibat kerusakan pada permukaan yang tidak mengalami kebocoran. Tambal bocoran dengan potongan ban yang  ditempel dengan lem.

Pemeriksaan Rutin
Pada bagian telapak ban perlu untuk diperiksa secara rutin untuk mendeteksi kerusakan-kerusakan yang terjadi pada ban.
 
Hindari Beban Berlebih
Saat berkendara perlu diperhatikan beban saat berkendara. Karena beban terlalu berat dapat mempengaruhi sistem kerja ban. [viva]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Tips Bikin Ban Tubeless Berumur Panjang
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top