Selasa, 18 Februari 2020 |
News Gallery - Tekno

Tips Berkendara Amam Bagi Wanita Berhijab

Sabtu, 07 Okt 2017 | 13:04 WIB Dibaca: 1397 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Saat ini banyak dijumpai para kaum hawa yang berpergian dengan kendaraan bermotor untuk pergi ke tempat tujuan. Mereka biasanya menggunanakan motor sebagai alternatif kendaraan yang lebih cepat, dan mudah.

Bagi para wanita khususnya yang menggunakan jilbab, sebaiknya memperhatikan beberapa langkah ini, agar dapat berkendara aman sampai ke tempat tujuan. Berikut beberapa tips dan trik yang disampaikan Sony Susmana Praseto, Chief Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Jumat (6/10).

1. Sebaiknya para wanita menggunakan jilbab yang tidak bahaya bagi dirinya, sehingga saat berkendara tidak terjepit dengan komponen motor.

2. Biasakan mempersiapkan, atau memperhatikan pakaian sebelum kendaraan bergerak, maupun saat sedang berjalan. Salah satunya dengan dijepit, diikat, diduduki, dan lain-lain sehingga, pakaiannya tidak melambai, yang bisa mengganggu.

3. Seringlah memeriksa kaca spion untuk tidak hanya melihat kondisi belakang, akan tetapi juga kondisi pakaian dan jilbabnya.

4. Kurangi kecepatan kendaraan hingga 10 km/jam dari biasanya, untuk meminimalkan risiko terburuk akibat jilbab terurai.

5. Gunakan motor sesuai dengan pakaiannya, seperti motor matic atau yang tertutup depannya untuk menahan hempasan angin, sehingga pakaian dan jilbab sedikit tertahan.

6. Pastikan posisi tangan, kaki pengendara bebas mengoperasikan kendaraannya. Kemudian jangan jadikan jilbab sebagai pelindung panas atau debu saat berkendara.

Dalam menggunakan sepeda motor, Sony menyarankan agar menggunakan motor matik dibandingkan dengan motor bebek, karena ini akan lebih aman, dan mudah bagi pengendara wanita. "Untuk yang lebih aman sebenarnya motor matik. Selain sedikit bertudung, juga tidak ada komponen rantai penggerak roda belakang yang paling sering menjerat," kata dia.

Sementara itu, untuk pilihan ban sepeda motor lebih baik dengan ban tubeless. Sebab, ban ini lebih tahan lama saat tertusuk paku, atau benda tajam. [rpk]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Tips Berkendara Amam Bagi Wanita Berhijab

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top