Selasa, 15 Juni 2021 |
News Gallery - Tekno

Tips Atasi Motor Matik Mogok di Jalan

Kamis, 13 Sept 2018 | 14:12 WIB Dibaca: 2277 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Perawatan berkala, penting dilakukan setiap pemilik sepeda motor agar tunggangannya dalam kondisi prima. Salah satu jenis 'kuda besi' yang kerap dijumpai mati mendadak atau mogok adalah skuter matik. 

Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Motor, Ader Rohman, angkat bicara perihal fenomena motor matik yang paling sering mogok. Menurut dia, hal tersebut terjadi karena pembakaran mesin yang tidak sempurna. 

"Biasanya jarang digunakan pada putaran RPM (rotasi per menit) atau kecepatan rata-rata 60-80 kilometer per jam. Ini mengakibatkan pembakaran di mesin kurang sempurna," kata Ade di Jakarta, Senin 10 September 2018. 

Menurut dia, akibat dari pembakaran kurang sempurna tersebut menyisakan karbon di ruang bakar. Yang dinilai sewaktu-waktu bisa mengganjal bagian klep sehingga kompresi akan hilang. 

"Lalu mogok," tuturnya

Untuk mengatasi hal tersebut, Ade menjelaskan, pengendara harus membuka busi dan memasukkan oli sedikit demi sedikit sebelum melakukan kick starter.

"Solusinya adalah dengan membuka busi, kemudian masukan oli sedikit demi sedikit (+/- 5 cc) lalu kick starter sambil menutup lubang busi menggunakan lap sampai dirasakan kompresinya normal kembali, lalu pasang busi kembali dan hidupkan motor," ujar Ade. [viva]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Tips Atasi Motor Matik Mogok di Jalan
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top