Selasa, 20 Agustus 2019 |
News Gallery - Tekno

Tips Atasi Harga Tiket Pesawat Melonjak Saat Mudik

Rabu, 07 Mar 2018 | 13:07 WIB Dibaca: 299 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Peneliti keamanan siber belum lama ini menemukan malware baru bernama RedDrop. Malware yang menyerang smartphone Android ini diduga dapat memata-matai penggunanya.

Malware ini pertama kali ditemukan oleh peneliti dari perusahaan keamanan mobile asal Inggris bernama Wandera. Mereka menjelaskan bahwa malware ini bisa merekam audio tanpa sepengetahuan para pengguna dan mengunggah data-data sensitif ke akun penympanan awan seperti Dropbox dan Google Drive.

Sekali menginveksi, malware ini tidak hanya menyerang satu aplikasi saja. Setidaknya ada 53 aplikasi populer seperti aplikasi editor gambar, kalkulator, alat belajar bahasa, dan aplikasi bertema dewasa dikabarkan telah terinveksi oleh RedDrop.

Seperti dikutip the threatpost, aplikasi dipromosikan melalui iklan yang ditampilkan di mesin pencari di China. Periset mengatakan mereka yang mengklik iklan tersebut "dibawa ke huxiawang [.] Cn." situs distribusi utama untuk serangan tersebut. Laman landas yang mengikuti berbagai konten untuk mendorong dan mendorong pengguna untuk mengunduh salah satu dari 53 aplikasi dalam keluarga RedDrop dari aplikasi berbahaya.

Setelah aplikasi yang terinfeksi RedDrop terinstal, program tersebut diam-diam mendownload tujuh paket aplikasi Android (APK) tambahan yang menambahkan komponen spyware dan berbahaya tambahan seperti trojan, fungsionalitas SMS premium dan perangkat lunak penetes tambahan.

Sementara itu, Salah satu ahli keamanan Kaspersky, Victor Chebyshev mengatakan bahwa malware ini dapat memberikan masalah finansial bagi para pengguna perangkat Adroid.

“Malware ini juga digunakan untuk memaksa korban berlangganan ke nomor SMS premium yang memberikan pelaku RedDrop keuntungan,” terang Victor.

Kaspersky mendata malware ini kini berkonsentrasi diunduh di wiayah Tiongkok. Kebanyakan, para masyarakat Tiongkok mendapatkan malware ini dari aplikasi untuk para dewasa. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

LAINNYA

4 Film Indonesia Laris yang Diadaptasi dari Novel
Jumat, 16 Agt 2019 | 19:36 WIB
4 Film Indonesia Laris yang Diadaptasi dari Novel
Resep Bolu Gulung Merah Putih 5 Bahan
Jumat, 16 Agt 2019 | 08:24 WIB
Resep Bolu Gulung Merah Putih 5 Bahan
Jefri Nichol Jalani Rehabilitasi di RSKO Cibubur
Selasa, 13 Agt 2019 | 12:05 WIB
Jefri Nichol Jalani Rehabilitasi di RSKO Cibubur

KOMENTAR

Tips Atasi Harga Tiket Pesawat Melonjak Saat Mudik

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top