Selasa, 13 April 2021 |
Tekno

Tips Amankan Perangkat Smartphone Anda

Senin, 23 Jan 2017 | 13:00 WIB Dibaca: 884 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Seiring dengan pesatnya arus informasi dan teknologi tentunya berbanding lurus dengan tingkat ancaman yang menyertainya. Di era serba digital saat ini, pencurian tak hanya menargetkan hal berupa materi namun juga data informasi yang secara non-materi. 

Sumber informasi data pribadi biasanya terdapat pada perangkat yang kita gunakan sehari-hari seperti smartphone dan tablet. Oleh karena itu, penting rasanya untuk mengamankan perangkat tersebut agar terhindar dari pembobolan informasi pribadi.

Bersumber dari Android Pit yang dikutip pada Senin, (23/1/2017), berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengamankan perangkat Anda dari pihak yang ingin menyalahgunakan data pribadi. 

Enkripsi Perangkat
Enkripsi merupakan proses yang dapat melindungi data Anda di sebuah perangkat. Di Android proses ini sebenarnya telah diaktifkan secara otomatis jika Anda mengaktifkan fitur keamanan berupa PIN, password, maupun pola. 

Dengan demikian akses penggunaan akan terbatas bagi pihak yang bukan pemilik asli. Jika Anda pengguna OS Android Nougat, fitur enkripsi dapat dilakukan dengan kunci yang berbeda di tiap aplikasi atau file. 

Gunakan Aplikasi Pengamanan
Jika Anda malas untuk memasang sistem keamanan saat membuka ponsel, maka sebaiknya Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengamankan file atau Aplikasi terpilih. Saat ini telah banyak aplikasi pengaman file yang tersedia toko aplikasi Play Store untuk diunduh. 

Terapkan Autentikasi Dua Langkah
Dua langkah autentikasi (two-factor autentication) merupakan proses pengamanan perangkat melalui kode, password, pola, ataupun dengan memanfaatkan sistem biometrik seperti fingerprint atau iris scanner.

Sistem keamanan ini memang banyak digunakan pada media sosial seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn. Pada tersebut pengguna akan diminta untuk menambahkan sistem pendukung dalam memberikan akses masuk ke dalam akun. Biasanya Facebook dan Twitter akan meminta Anda untuk memasukkan nomor telefon agar dapat mengirim kode autentikasi. [tkc]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Tips Amankan Perangkat Smartphone Anda
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top