Selasa, 11 Mei 2021 |
News Gallery

Tingkatkan Rasa Nasionalis, Klub Motor Bekasi Gelar 'Touring Warrior'

Senin, 31 Okt 2016 | 13:14 WIB Dibaca: 1349 Pengunjung

komunitas motor touring.*

[NEWSmedia] - Tingkatkan rasa nasionalis, puluhan anggota klub motor Kota Bekasi, Jawa barat, melakukan perjalanan napak tilas sejarah bertajuk "Touring Warrior". 

"Kami berangkat dari titik kumpul di Kota Bekasi pukul 08.00 WIB bersama 50 anggota kami untuk menempuh perjalanan menuju sejumlah lokasi bersejarah," kata Ketua Koordinator Touring Warrior Soegiyono di Bekasi, Sabtu.

Menurut dia, perjalanan kali pertama mengunjungi Candi Jiwa yang terletak di Batu Jaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

"Candi ini baru ditemukan pada tahun 1992. Candi Jiwa diperkirakan merupakan peninggalan kerajaan Tarumanegara pada abad ke-5," katanya.

Sesampainya di Candi Jiwa, peserta mendapatkan penjelasan dari pihak pengelola candi terkait sejarah dan sejumlah fakta dari keberadaan candi bersejarah itu.

"Penjelasan sejarah ini sejalan dengan harapan kami menumbuhkan semangat perjuangan bagi generasi muda dan juga mencintai sejarah kebangsaan dengan melihat langsung situs bersejarah," ujarnya.

Setelah melakukan kunjungan di lokasi itu, rombongan melanjutkan perjalannya menuju situs bersejarah rumah pengasingan proklamator Indonesia Soekarno dan Hatta di Kalijaya, Rengas Dengklok, Karawang.

Humas Touring Warrior Afri Sony mengatakan, cuaca hujan yang mengguyur sepanjang perjalanan itu tidak menyurutkan semangat mereka dalam melakukan perjalanan ke lokasi berikutnya.

"Walau perjalanan diterpa hujan, para peserta tetap dengan semangat melanjutkan perjalanan ke Rengas Dengklok," katanya.

Setiba di situs bersejarah tersebut, para peserta langsung diterima dengan hangat oleh cucu dari pemilik rumah pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta Djiaw Kie Siong yang akrab disapa Bu Iin.

"Kami memperoleh informasi secara langsung dari keluarga pelaku sejarahnya tentang ruangan yang ada di rumah tersebut. Setiap sudut ruangan memiliki sejarah proklamasi," katanya.

Menurut Sony, napak tilas itu berlanjut menuju lokasi terakhir dan sekaligus lokasi peristirahatan untuk melepas lelah peserta di Pantai Pakis, Karawang.

Opa Ugie selaku Pengurus Klub Motor YNCI Kota Bekasi, berharap kegiatan positif ini akan dilaksanakan setiap bulannya dengan destinasi tempat bersejarah dan wisata lainnya.

"Kegiatan ini selain memperkuat silaturrahmi antaranggota klub motor di Kota Bekasi, juga berguna untuk menambah Ilmu pengetahuan sejarah," demikian Ugie.[05]

Penulis: Rpk
Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Tingkatkan Rasa Nasionalis, Klub Motor Bekasi Gelar 'Touring Warrior'

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top