Rabu, 08 Juli 2020 |
News Gallery - Lifestyle

Tingkatkan Energi Tubuh Dengan Naik Turun Tangga

Minggu, 30 Apr 2017 | 09:28 WIB Dibaca: 761 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Penelitian baru mengatakan, olahraga kecil bisa menambah energi tubuh seseorang. Manfaat naik-turun tangga lebih baik dibandingkan naik elevator sambil ditemani secangkir kopi.

"Kami menemukan, baik kafein dan plasebo, tidak memiliki banyak perubahan dalam perasaan mereka," kata profesor di departemen kinesiologi di University of Georgia, Patrick J. O'Connor, seperti dilansir Daily Mail.

Dengan olahraga kecil, seseorang bisa merasa lebih enerjik dan gesit. Perasaan itu memang sementara tapi sangat terasa dampaknya setelah melakukan kegiatan tersebut. Hal ini berbeda dengan efek 50 miligram kafein yang tidak terlalu besar.

Penelitian ini bertujuan untuk mensimulasikan rintangan yang dihadapi para pekerja kantoran. Seperti diketahui, mereka acap  menghabiskan waktu berjam-jam untuk duduk dan menatap layar computer. Oleh sebab itu, mereka pun tidak sempat berolahraga lebih lama di siang hari.

Untuk penelitian ini, peserta pada hari terpisah diminta mengonsumsi sesuatu yang mengandung kafein atau plasebo. Mereka juga diberi pilihan untuk menghabiskan waktu 10 untuk menit berjalan naik dan turun tangga sekitar 30 lantai dengan kecepatan rendah.

Profesor O'Connor menambahkan, sebenarnya masih banyak penelitian yang harus dilakukan mengenai manfaat spesifik berolahraga di tangga. Hal ini terutama hanya dalam waktu 10 menit. "Anda mungkin tidak punya waktu untuk berenang, tapi Anda mungkin punya waktu 10 menit untuk berjalan naik turun tangga,” terang dia. [rpk]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Tingkatkan Energi Tubuh Dengan Naik Turun Tangga

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top