Rabu, 25 November 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Tiga Efek Buruk Kebanyakan Minum Teh

Rabu, 01 Agt 2018 | 06:33 WIB Dibaca: 900 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Teh merupakan minuman kuno yang diklaim memiliki banyak manfaat sehat. Minuman ini disebut mengandung kafein, fluoride, dan flavonoid.

Sebuah studi menuliskan bahwa minum tiga cangkir teh secara rutin bisa menurunkan risiko seseorang terkena penyakit jantung hingga 11 persen. Tapi, tahukah kamu jika konsumsi teh yang berlebih bisa berpengaruh buruk pada kesehatan seseorang?

Berikut ini tiga efek buruk minum teh berlebih:

1. Ketergantungan kafein

Menurut Brown University, baik teh hijau atau cokelat mengandung 40 miligram (mg) kafein per cangkirnya. Dan, mengonsumsi terlalu banyak kafein itu bisa memicu ketergantungan kafein yang bisa membuatmu sulit berkonsentrasi, gelisah, dan gugup, atau mengganggu pola tidur.

2. Menurunkan penyerapan besi

Tannin, senyawa zat kimia yang ada dalam teh dikatakan dapat mempengaruhi kemampuan penyerapan tubuh terhadap zat besi jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi. Laporan dari Colorado State University menyatakan bahwa teh bisa menurunkan kemampuan seseorang untuk menyerap zat besi hingga 60 persen. Bagi mereka yang vegetarian, yang pada dasarnya tidak banyak mengonsumsi zat besi, terlalu banyak minum teh bisa meningkatkan risiko mereka mengalami kekurangan zat besi.

3. Menghambat efek obat

Teh bisa mengganggu beberapa pengobatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang besar. Jika kamu seorang pencinta teh dan disarankan untuk menjalani suatu pengobatan, mintalah izin dari dokter apakah kamu bisa meminum teh. Sebuah studi yang dilakukan di University of Maryland Medical Centre menyatakan, keefektifan dari beberapa antibiotik juga bisa meningkat jika meminumnya dengan teh. Teh juga bisa mengurangi keampuhan beberapa obat seperti obat kemoterapi, kontrasepsi oral, dan clozapine.

Jadi, berapa banyak jumlah konsumsi teh yang aman? Sejumlah studi berbeda memiliki pemikiran beragam mengenai hal ini. Beberapa mengatakan, dua hingga empat cangkir sehari adalah jumlah yang normal. Tapi, ada beberapa yang mengklaim bahwa batas maksimal adalah 10 cangkir per hari. Secara rata-rata, 3-5 cangkir teh sehari masih baik untuk diminum. Beri jarak sesuai dengan bagaimana tubuh kamu merespons kandungan yang ada dalam teh. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Tiga Efek Buruk Kebanyakan Minum Teh
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top