Sabtu, 19 September 2020 |
News Room - Politik

Gugatan Rano-Embay Ditolak, WH-Andika Memimpin Banten Periode 2017-2022

Selasa, 04 Apr 2017 | 17:10 WIB Dibaca: 1478 Pengunjung

Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten terpilih, Wahidin Halim dan Andika Hazrumy.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan Permohonan Perselisihan Hasil Pilkada Provinsi Banten Tahun 2017 ditolak. Putusan tersebut dibacakan pada sidang putusan dismissal di gedung Mahkamah Konstitusi Jl. Medan Merdeka Barat No.6  Jakarta, Selasa (4/4/2017).

Dengan ditolaknya permohonan Rano-Embay oleh MK, maka secara otomatis pasangan Wahidin Halim-Andika Hazrumy menjadi gubernur dan wakil gubernur Banten terpilih periode 2017-2022.

"Berdasarkan pertimbangan diatas, permohonan dari pemohon tidak memenuhi syarat formil, maka permohonan pemohon dinyatakan tidak dapat diterima," kata Arief Hidayat saat membacakan putusan di Mahkamah Konstitusi.

Alasan MK menolak gugatan pemohon, karena gugatan tidak memenuhi syarat Pasal 158 UU Pilkada. Sebab terpaut 2,5 persen, sementara syarat UU yaitu 1,5 persen. Usai dibacakan putusan, para pendukung Wahidin-Andika bersorak sorai di depan gedung MK.

Sementara, Sekretaris DPD Partai Golkar Provinsi Banten, Bahrul Ulum usai mendengar putusan tersebut, mengatakan, pihaknya sejak awal telah optimis bahwa MK tidak akan menggadaikan idealisme dan MK akan bejalan sesuai track yang berlaku.

"Dari kemaren kita sudah optimis, MK tidak akan menggadaikan idealisme dan akan menentukan sesuai dengan UU atau Peraturan MK," kata Ulum.

Ia juga menegaskan, meski Besok KPU Banten akan langsung menggelar rapat pleno penetapan cagub dan cawagub terpilih, pihaknya menyerahkan sepenuhnya dan tidak akan mencampuri hal tersebut.

"Yang pasti adalah keputusan MK hari ini harus kita syukuri bahwa kemenangan WH-Andika sesuai dengan keinginan masyarakat Banten, kita syukuri saja dengan ucapan Alhamdulillah," pungkasnya.

Sementara, Kuasa hukum pasangan Cagub dan Wagub Banten Rano-Embay, Sirra Prayuna mengatakan bahwa setelah mendengar putusan dari MK, pihaknya akan mempertimbangkan putusan tersebut.

“Kami akan pikir-pikir dulu langkah terbaik selanjutnya apa,” ujar Sirra.

Pihaknya, akan mendiskusikan hal tersebut bersama tim dan Rano-Embay, terkait putusan MK yang masih mengacu pada pasal tentang ambang batas. [Ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Gugatan Rano-Embay Ditolak, WH-Andika Memimpin Banten Periode 2017-2022
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top