Rabu, 14 November 2018 |
News Room - Politik

Tidak Menonaktifkan Gubernur DKI, Mendagri : Saya Bemperi Pak Jokowi, Bukan si Ahok

Rabu, 22 Feb 2017 | 15:45 WIB Dibaca: 701 Pengunjung

Basuki Tjahaja Purnama dan Mendagri Tjahjo Kumolo.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Menolak dianggap membela Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Tjahjo menegaskan keputusannya belum menonaktifkan Ahok karena dakwaan jaksa terhadap mantan Bupati Bangka Belitung itu berlapis.

Penegasan itu disampaikannya menjawab protes anggota Komisi II DPR Yandri Susanto yang mempertanyakan pengaktifan kembali Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Saya membela Presiden saya, dan kebetulan kasus ini menyangkut si Ahok," ujar Tjahjo saat rapat kerja Komisi II, Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (22/2/2017).

Tjahjo mengaku harus bersikap adil. Dia mencontohkan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie pun tetap menjabat meski sudah berstatus terdakwa.

"Ada juga gubernur yang terdakwa dan juga masih jadi gubernur. Hanya diputus (hukuman) delapan bulan, dituntut di bawah lima tahun, lalu bisa mencalonkan kembali," paparnya.

Kendati demikian, dia menghormati pendapat pakar hukum dan anggota DPR yang mempersoalkan pengaktifan kembali Ahok menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Tjahjo menegaskan alasannya urung menonaktifkan Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta karena Ahok didakwa pasal berlapis dalam perkara penistaan agama.

"Kalau misal saya putuskan berhentikan sementara, kalau jaksa penuntut umum nanti (menuntut) empat tahun, habis saya," ungkapnya. 

Namun, menurut dia, pendapat sejumlah pihak yang memprotes penonaktifan kembali Ahok tidak salah. "Saya juga mempertanggungjawabkan ke Presiden, sudah benar ini. Tidak mungkin saya pembantu Presiden menjerumuskan Presiden. Saya membemperi Pak Jokowi, bukan si Ahok. Kebetulan saja kasusnya, Ahok," katanya. (Snc)

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

LAINNYA

Komplotan Curanmor di Serang Diringkus Polisi
Selasa, 13 Nov 2018 | 18:06 WIB
Komplotan Curanmor di Serang Diringkus Polisi
Dua Pejabat Utama Polres Serang Kota Dirotasi
Selasa, 13 Nov 2018 | 14:03 WIB
Dua Pejabat Utama Polres Serang Kota Dirotasi
Peserta yang Lulus CPNS Baru Mencapai 10 Persen
Selasa, 13 Nov 2018 | 12:00 WIB
Peserta yang Lulus CPNS Baru Mencapai 10 Persen

KOMENTAR

Tidak Menonaktifkan Gubernur DKI, Mendagri : Saya Bemperi Pak Jokowi, Bukan si Ahok
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top