Rabu, 21 Oktober 2020 |
News Room

Tidak Ada Anggaran, Dinsos Kota Serang Kesulitan Tangani Anjal dan Gepeng

Sabtu, 01 Okt 2016 | 07:06 WIB Dibaca: 1226 Pengunjung

Anjal dan Gepeng saat di data oleh Dinsos Kota Serang, Jumat (30/9/2016) (Foto: NEWSmedia)

SERANG, [NEWSmedia] – Menjamurnya anak jalanan (anjal) dan gelandangan pengemis (gepeng) di Kota Serang, Banten, menuai kritikan dari masyarakat. Keberadaan mereka dinilai meresahkan warga.

Anjal dan gepeng selain berusia dewasa, banyak pula yang masih anak-anak, yang semestinya mereka sekolah. Menurut Rahman, warga yang sering melintas di lampu merah, merasa terganggu sekaligus iba terhadap anak-anak yang menjadi pengamen.

“Di Kota Serang mulai ramai lagi, sekarang jumlah pengamen makin banyak saja, di mana-mana pasti ada pengamen disetiap lampu merah dan sepanjang jalan protokol, saya merasa terganggu meski dilain sisi saya iba, atau kasian,” katanya, Jumat (30/9/2016).

Menanggapi persoalan itu, Ketua Umum Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Serang, Abdul Rojak, mengatakan, banyaknya anak jalanan harus segera diantisipasi oleh pemerintah Kota Serang. Menurutnya, hal itu dilakukan agar tidak menganggu para pengguna jalan, dan tidak sedikit anak jalanan yang beralih profesi menjadi penjambret akibat tidak adanya pembinaan.

“Kalau tidak segera direhabilitasi Dinas Sosial, mereka akan semakin banyak. Semestinya mereka bisa mengenyam pendidikan dan sebagainya,” katanya.

Kepala Seksi Rehabilitasi Tuna Sosial (RTS) pada Dinas Sosial Kota Serang, Heli Priatna, mengatakan jika pihaknya tidak dapat berbuat banyak terhadap para pengemis dan pengamen. Menurutnya, untuk tahun ini program rehabilitasi bagi para pengemis tidak ada sehingga pihaknya merasa kesulitan jika harus menangani para pengamen tersebut.

“Kalaupun kami rehabilitasi, sebenarnya bisa saja. Namun, kita juga harus mempertimbangkan, dari mana biaya untuk makan dan minum para pengemis tersebut sedangkan di Dinsos sendiri sudah tidak ada anggaran untuk program rehabilitasi,” katanya. [firman/03]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Redaktur-02
Publisher: newsmedia.co.id
Bagikan:

KOMENTAR

Tidak Ada Anggaran, Dinsos Kota Serang Kesulitan Tangani Anjal dan Gepeng
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top