Rabu, 25 November 2020 |
Pariwisata - News Gallery

Tersesat di Gunung karena Bencana Alam, Lakukan 7 Langkah Ini Jika Ingin Selamat

Kamis, 02 Agt 2018 | 16:00 WIB Dibaca: 541 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Gempa berkekuatan 6,4 skala ritcher di Lombok membuat salah satu jembatan penghubung berkonstruksi beton yang ada di jalur pendakian Taman Nasional Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat(NTB), roboh.

Ada sekira 637 wisatawan asing dan 192 wisatawan lokal diduga masih terjabak di Gunung Rinjani pada Jumat 27 Juli lalu. Lalu apa yang harus kita lakukan jika terjebak ketika mendaki gunung, apalagi kita tidak mendapatkan sinyal untuk menelepon kerabat.

Melansir The know, salah satu yang tidak boleh dilakukan pendaki adalah memiliki pola pikir "Saya hanya akan melakukan pendakian sehari" atau "Saya sudah melewati area ini selama bertahun-tahun, tidak akan terjadi hal buruk pada saya".

Jika cuaca berubah drastis, seperti hujan lebat, bersama dengan angin keras, penurunan suhu bahkan terputusnya jalur karena gempa. Ditambah baterai ponsel Anda mati, bahkan mungkin mengalami luka, apa yang harus Anda lakukan?

Lalu, bagaimana jika Anda berada di lingkungan yang tidak biasa dan tidak ada orang lain yang tahu di mana Anda berada? Anda mungkin akan terjebak di gunung untuk jangka panjang.

Dalam skenario ini, banyak ahli akan mengatakan Anda perlu tempat berlindung, api, sinyal dan mungkin air. Meskipun akan bervariasi dengan kondisi dan aktivitas fisik, kebanyakan orang akan dapat bertahan selama beberapa hari paling banyak tanpa air.

Mungkin ada beberapa orang yang bisa bertahan beberapa minggu tanpa makanan, tetapi dampak dari rasa lapar dapat dirasakan dengan sangat cepat, terutama di udara dingin. Salah satu yang memisahkan antara hidup dan mati adalah persiapan Anda.

Kunci utama adalah pakaian yang tepat. Satu hal yang hampir semua ahli sepakati adalah jangan memakai bahan kapas, karena dapat menyebabkan hipotermia jika Anda mengandalkannya dalam cuaca dingin. Kapas sangat baik untuk dipakai di sekitar rumah, dan memiliki aplikasi yang bagus di iklim yang panas dan kering. Tapi begitu kapas basah, dia kehilangan sifat insulasinya.

Selain itu, ada beberapa aturan lain yang dapat membuat Anda bertahan hidup, jika tersesat di gunung.

1. Selalu beri tahu seseorang ke mana Anda akan pergi, dan kapan Anda berencana untuk kembali. Jika Anda mengubah tujuan Anda, beri tahu seseorang tentang perubahan itu.

2. Jika memungkinkan, jangan pergi sendiri. Banyak kecelakaan tidak dapat dihindari.

3. Kenakan pakaian yang tepat dan bawa peralatan yang tepat, ingatlah bahwa cuaca dapat dan akan berubah.

4. Jika Anda tersesat atau terdampar, tetaplah bertahan.

5. Pelajari cara menggunakan kompas, ambil peta area dan sesuaikan diri Anda secara menyeluruh sebelum perjalanan Anda.

6. Selalu bawa kit survival dan tahu cara menggunakannya. Pastikan itu mengandung tiga hal penting perlindungan, api, dan alat untuk memberitahu posisi Anda.

7. Jika Anda tersesat atau terluka, ingat untuk tetap tinggal, berpikir jernih, mengamati kedaan sekitar dan membuat perencanaan. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Tersesat di Gunung karena Bencana Alam, Lakukan 7 Langkah Ini Jika Ingin Selamat
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top