Rabu, 02 Desember 2020 |
News Gallery - Tekno

Tersedia Dua Varian, Prediksi Harga PS5 Mulai Rp5-Rp7 Juta

Jumat, 12 Jun 2020 | 17:23 WIB Dibaca: 423 Pengunjung

PS5.*

[NEWSmedia] - Sony menampilkan wujud PlayStation5 saingan Xbox Series X buatan Microsoft. PS5 tersedia dua varian yaitu Digital Edition dan 4K Blu-ray yang harganya belum diungkap perusahaan.

Kendati demikian, sejumlah penggiat gim memprediksi harga PS5 bakal tembus US$499 atau sekitar Rp6,9 juta (US$1 = Rp14,002). Harganya dianggap masuk akal karena Sony melakukan banyak inovasi di perangkat konsol gim terbaru mereka.

Menyoal harga PS5 varian Digital Edition, analis memperkirakan bahwa varian ini akan lebih murah dibanding 4K Blu-ray karena Sony tidak menyematkan drive (hard disk) meskipun didukung komponen-komponen yang mumpuni seperti SSD 852GB dan CPU AMD Zen 2 core delapan serta GPU AMD RDNA 2.

Mereka memprediksi harga PS5 Digital Edition diduga bakal dihargai US$399 atau sekitar Rp5,5 juta seperti dikutip Tech Radar.

Prediksi harga PS5 tak hanya datang dari para analis pasar gim saja, beberapa pelaku industri hiburan di Amerika Serikat pun turut andil dalam menerka-nerka harga konsol gim ini yang masih misterius.

Sinematografer Dave Klein menilai Sony akan mematok harga PS5 sekitar US$450 atau Rp6,9 juta. Hal ini didasari dengan inflasi (peningkatan harga) dari waktu ke waktu, ditambah lagi dengan pandemi virus SARS-Cov-2 (Covid-19) yang saat ini masih menggerogoti masyarakat dunia.

Selain itu kata Klein, peningkatan grafis tampilan yang diboyong Sony pada PS5 yaitu 8K dan 4K pada kecepatan refresh 120Hz juga menjadi faktor kenaikan harga konsol.

Ada juga Phil Hornshaw, salah satu editor dari laman GameSpot yang memprediksi harga PS5 akan dilepas ke pasaran sebesar US$500 atau sekitar Rp7,1 juta.

Senada dengan alasan-alasan sebelumnya, Hornshaw berpendapat perkiraan harga tinggi itu didasari oleh peningkatan yang dilakukan Sony pada konsol gim terbaru mereka ini.

"Mungkin kebanyakan orang tidak terlalu peduli dengan apa yang ada di konsol gim mereka. Namun menurut saya komponen adalah titik pertama untuk membeli sebuah konsol," kata Hornshaw.

Menyoal spesifikasi singkat PS5, rancangan konsol gim ini berdiri secara vertikal seperti Xbox Series X namun dapat ditempatkan horizontal di bawah televisi mengutip Game Spot.

Sony menyediakan sejumlah aksesori untuk mendukung pengalaman bermain gim yang lebih baik, di antaranya DualSense, kamera dengan resolusi HD, headset nirkabel Pulse 3D, dan sebuah remot.

Seperti disebutkan sebelumnya, PS5 ditenagai CPU AMD Zen 2 core delapan dan GPU AMD RDNA 2. Cip khusus buatan AMD ini didukung daya 10,28 teraflops.

PS5 kata Sony bakal didukung lebih dari 4.000 judul, termasuk lini gim yang ada di PlayStation 4. Gim-gim tersebut dijadwalkan rilis tahun ini dan 2021 mendatang. [cnn]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Tersedia Dua Varian, Prediksi Harga PS5 Mulai Rp5-Rp7 Juta
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top