Minggu, 05 Juli 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Ternyata Obat Tetes Mata Malah Bikin Pembuluh Darah Menyempit

Rabu, 21 Jun 2017 | 06:31 WIB Dibaca: 786 Pengunjung

Foto Ilustrasi

[NEWSmedia] - Obat tetes mata sering kali kita pakai untuk menghilangkan mata merah akibat alergi atau terlalu lama menatap layar komputer. Namun, kebiasaan ini jangan Anda pelihara lama-lama. Itu karena pemakaian obat tetes mata juga punya dampak untuk kesehatan indera penglihatan kita.

Ahli mata dari John A Moran Eye Center, London, Inggris, Amy Lin, mengatakan, obat tetes mata justru akan membuat pembuluh darah menyempit. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut dengan vasokonstriksi.

Menurut dia, jangan berpikir bahwa obat tetes mata merupakan cara tepat dalam mengatasi mata kemerahan setiap saat.

"Saya tidak merekomendasikan pemakaian produk obat tetes mata secara rutin. Penyempitan pembuluh darah yang terus berlanjut bisa membuat mata menjadi lebih redup dari sebelumnya," kata Amy, Jum'at (9/6/2017).

Ia menambahkan, hampir semua obat tetes mata mengandung bahan pengawet, yang bisa menjadi racun terhadap permukaan mata saat digunakan berulang kali.

Cara terbaik untuk menjaga mata Anda tetap segar dan jernih adalah cukup tidur. Makanlah berbagai buah dan sayuran, lindungi mata dari pancaran sinar ultraviolet dan udara kering.

Hindari paparan AC yang terlalu lama karena dapat mengeringkan mata. [lpt]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Ternyata Obat Tetes Mata Malah Bikin Pembuluh Darah Menyempit
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top