Sabtu, 30 Mei 2020 |
Pendidikan

Ternyata, Guru IPA Berbeda Dengan Guru Biologi, Fisika dan Kimia

Jumat, 21 Okt 2016 | 07:45 WIB Dibaca: 3246 Pengunjung

Narasumber acara Seminar & Talkshow Nasional yang digelar dalam rangka peringatan Dies Natalis ke-2 IPA Untirta, pekan lalu.*

SERANG, [NEWSmedia] - Konsep Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) terpadu masih banyak disalah artikan oleh sebagian orang, tak terkecuali oleh sejumlah guru yang mengaplikasikannya. Atas dasar itu, guru IPA tentu berbeda dengan guru Biologi, Fisika dan Kimia.

Demikian hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Lembaga Semi Otonom (LSO) Pendidikan IPA Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Banten, Amin Hasan dalam Seminar dan Talkshow Nasional yang digelar dalam rangka peringatan Dies Natalies ke-2 IPA Untirta, akhir pekan lalu.

Menurut Amin Hasan, guru IPA berbeda dengan guru Biologi, guru Fisika, ataupun guru Kimia. Guru IPA adalah guru yang murni mempelajari konsep IPA terpadu yaitu konsep biologi, fisika, kimia dan IPBA (Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa).

“Padahal jelas dalam konsep IPA terpadu bahwa guru fisika, kimia, dan biologi itu bukan guru IPA. Akan tetapi ini masih banyak disalah artikan oleh sebagian besar orang,” kata Amin, menegaskan.

Ketua pelaksana Dies Natalis ke-2 Pendidikan IPA Untirta, Ismawati, mengatakan, acara seminar ini telah membuka wawasan tentang pemahaman pembelajaran IPA terpadu bagi para guru yang menjadi peserta.

Menurut dia, membentuk generasi berkarakter melalui inovasi pembelajaran IPA terpadu tidak mudah, butuh usaha yang keras.

“Kita khususnya mahasiswa Pendidikan IPA harus kerja keras untuk mencetak generasi berkarakter melalui inovasi pembelajaran IPA terpadu tersebut, karena sangat tidak mudah untuk mewujudkannya,” ujar Ismawati.

Diketahui, acara seminar yang tema ‘Mencetak Generasi Berkarakter Melalui Inovasi Pembelajaran IPA Terpadu’ ini diikuti seluruh mahasiswa pendidikan IPA Untirta, serta para guru IPA dari beberapa SMP/MTS/sederajat se-Provinsi Banten. [ifal]

Penulis: Syarifal Fahlevi
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Ternyata, Guru IPA Berbeda Dengan Guru Biologi, Fisika dan Kimia
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top