Jumat, 22 Juni 2018 |
Kesehatan - News Gallery

Terlalu Banyak Makan Cabai, Waspada Wasir

Jumat, 23 Mar 2018 | 01:10 WIB Dibaca: 227 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] – Hemoroid atau lebih dikenal dengan wasir, bisa menjadi penyakit yang menyengsarakan. Meski pengobatan wasir kini sudah lebih mudah, namun akan lebih baik jika Anda menghindarinya, dengan makan makanan yang berserat tinggi.

Dokter spesialis bedah umum, dr. Franky Mainza Zulkarnain, SpB menjelaskan, untuk mencegah wasir mudah sekali dilakukan. Terpenting adalah tidak buang air besar (BAB) yang keras.

"Supaya tidak keras, banyak makan serat. Serat ini tidak diserap usus sehingga bisa mendorong makanan sebelum menjadi keras keluar," ujar Franky.

Selain itu, Franky juga menyarankan agar mengurangi konsumsi makanan spicy atau yang mengandung cabai. Panas dari cabai bisa membuat pergerakan di usus lebih cepat. Akibatnya, tekanan akan meningkat dan membuat pelebaran pembuluh darah vena.

Kondisi ini yang menyebabkan munculnya wasir. Gejalanya ditandai dengan BAB yang berdarah warna merah terang, terasa gatal atau pedih di sekitar anus, nyeri, pembengkakan, dan munculnya benjolan yang teraba lunak yang mungkin sensitif atau menyakitkan.

Untuk menghindari hal di atas, ubah pula kebiasaan BAB Anda. Jangan terlalu lama BAB, dengan sambil bermain gadget atau membaca koran. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Terlalu Banyak Makan Cabai, Waspada Wasir

BERITA TERKAIT

paslon 1 paslon 2 paslon 3 NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top