Kamis, 23 November 2017 |
Kesehatan - News Gallery

Terapi Sel Punca Sembuhkan Sakit Jantung dan Diabetes

Jumat, 13 Okt 2017 | 00:02 WIB Dibaca: 192 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Terapi sel punca sudah sejak lama diteliti dan terbukti memberikan manfaat baik untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Di Indonesia sendiri, terapi sel punca telah dilakukan pada beberapa penyakit dan memberi hasil yang memuaskan.

"Sudah 214 pasien yang diberikan terapi sel punca. Penyakitnya sendiri sangat beragam. Penyakit paling awal yaitu penyakit jantung koroner dan memberi hasil yang memuaskan," ujar Ketua Asosiasi Sel Punca Indonesia, Spesialis Orthopedi, Dr. dr. Ismail H.D. spOT(K), kepada VIVA.co.id ditemui di IMERI, Jakarta.

Selain itu, terapi sel punca sudah memberi hasil optimal pada penyakit gagal jantung dan hasil memuaskan pada permasalahan di tulang.

"Sel punca seringnya diberikan pada kasus trauma seperti kecelakaan motor yang cenderung mengalami patah tulang atau kehilangan tulang hingga 10 cm. Terapi ini nantinya memperbaharui sel baru di sekitar area tersebut," jelasnya.

Pada kasus cedera saraf tulang belakang serta luka bakar, terapi sel punca bisa digunakan agar memberi tambahan sel baru sehingga memicu proses penyembuhan. Meski terbilang mahal, terapi sel punca juga terus diburu untuk terapi rejuvination.

"Terapi sel punca banyak digunakan untuk rejuvination pada kulit. Selain itu, ampuh mengobati kebutaan karena glaukoma serta menyembuhkan diabetes agar tidak perlu lagi melakukan penyuntikan insulin seumur hidup." [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Terapi Sel Punca Sembuhkan Sakit Jantung dan Diabetes

BERITA TERKAIT

Top