Senin, 10 Agustus 2020 |
Olahraga - News Gallery

Tengah Pekan yang Menentukan Nasib Chelsea dan Conte

Rabu, 09 Mei 2018 | 21:04 WIB Dibaca: 435 Pengunjung

Manajer Chelsea, Antonio Conte.*

[NEWSmedia] - Chelsea harus melakoni partai penentuan nasib pada Rabu 9 Mei 2018 atau Kamis dini hari WIB, dengan menghadapi Huddersfield Town di Stamford Bridge. Duel ini begitu berarti bagi Chelsea karena hasil laga akan menentukan nasib mereka di musim depan.

Kalah dari Huddersfield, artinya Chelsea dipastikan tak bisa bermain di Liga Champions. Sebab, kekalahan akan membuat peluang mereka finis di posisi empat besar tertutup.

Poin maksimal mereka nantinya, jika kalah, adalah 72. Hanya saja, Chelsea kalah dalam selisih gol dari Liverpool atau Tottenham Hotspur.

Bagaimana jika Liverpool juara Liga Champions dan finis di empat besar, adakah peluang Chelsea untuk lolos ke kompetisi kasta tertinggi antarklub Eropa itu?

Jawabannya tidak. Kenapa? Mari kita runut aturannya.

Perubahan jatah tiket Liga Champions bisa berubah jika terjadi kondisi berikut ini:

1. Jika ada juara bertahan yang lolos ke fase grup lewat peringkat di kompetisi domestik, maka jatah tiket yang tersisa akan diberikan kepada juara kompetisi tertinggi Republik Ceko dan tim juara di asosiasi peringkat tertinggi dalam babak playoff akan lolos langsung.

2. Andai juara Liga Europa lolos ke fase grup lewat jatah kompetisi domestik, tim peringkat ketiga di Ligue 1 akan lolos ke fase grup. Kemudian, runner up dari tim di asosiasi tertinggi pada playoff babak kedua juga akan promosi langsung.

3. Kalau juara Liga Champions dan/atau Liga Europa finis di zona kualifikasi pada kompetisi domestik, jatah mereka akan kosong. Jadi, tim yang tergabung dalam asosiasi tertinggi di ronde pertama playoff Liga Champions akan promosi.

4. Sebuah asosiasi bisa mengirimkan maksimal lima wakil ke fase grup.

Nah, dari skema di atas, tak ada poin yang menyebutkan Chelsea berpeluang ke Liga Champions. Sebab, klub empat besar Premier League dipastikan lolos ke fase grup.

Jadi, tambahan tiket bisa terjadi jika kondisinya adalah Liverpool di peringkat kelima dan Chelsea finis dalam empat besar.

Bukan cuma nasib Chelsea yang ditentukan di laga kontra Huddersfield. Masa depan Antonio Conte di kursi manajer The Blues juga bisa ditentukan lewat pertandingan ini.

Posisi Conte memang sedang jadi sorotan. Sebab, Conte gagal mengangkat performa Chelsea pada musim ini.

Faktor yang menghambat Conte dalam mengembangkan Chelsea sebenarnya cukup banyak. Namun, yang paling menonjol adalah kesulitan Conte dalam belanja pemain.

Di awal musim 2017/2018, pria asal Italia itu sering ribut dengan manajemen Chelsea. Sebab, Conte merasa dibohongi oleh manajemen Chelsea.

Akhir musim 2016/2017, Conte sempat dapat angin segar karena manajemen Chelsea siap menggelontorkan dana besar untuk belanja pemain.

Nyatanya tidak. Justru, Conte kesulitan dapat uang buat belanja pemain. Manajemen Chelsea bersikap pelit.

Hasilnya, cuma Tiemoue Bakayoko, Antonio Ruediger, Alvaro Morata, Davide Zappacosta, dan Olivier Giroud, saja yang berhasil didatangkan. Di sisi lain, masih banyak pemain yang diidamkan Conte.

"Sekarang, tergantung klub untuk mengambil keputusan berdasarkan hasil musim ini dan situasinya. Sebab, kami bekerja sama untuk proyek musim ini. Saya rasa, saya adalah orang terakhir, yang membuat keputusan di musim ini," kata Conte.

"Jadi, fokus saya cuma tangani Chelsea. Musim ini tersisa dua pekan lagi. Jadi, mari lanjutkan hingga akhir," lanjut dia. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Tengah Pekan yang Menentukan Nasib Chelsea dan Conte
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top