Jumat, 04 Desember 2020 |
News Room

Temukan Data Pemilih Ganda, Bawaslu Tegur KPU Banten

Rabu, 21 Sept 2016 | 08:25 WIB Dibaca: 791 Pengunjung

Bacaan Pengawasan Pemilihan Umum Provinsi Banten.*

SERANG, [NEWSmedia] – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Banten, menemukan data pemilih ganda pada Daftar Pemilih (DP) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten tahun 2017, penemuan tersebut didapat dari hasil sampling pengawasan di beberapa kelurahan di Kabupaten/Kota terhadap DP yang dilakukan oleh Sistem Analisis Pemilih Ganda (Sianida).

Dari hasil pengawasan yang dilakukan secara sampling pada pengawasan periode pertama terdapat 8.078 daftar pemilih yang ganda, jumlah tersebut hasil dari analisis jumlah pemilih yang tersebar di 118 Kelurahan/Desa di empat Kabupaten/Kota. Rata-rata kegandaan tersebut terjadi pada NIK dan nama pemilih.

Hal tersebut disampaikan oleh Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Bawaslu Banten, Eka Satialaksamana. Menurutnya, Bawaslu meminta KPU untuk memperbaiki dan memastikan tidak ada kegandaan data pemilih melalui proses pencocokan dan penelitian yang dilakukan petugas pemutakhiran data pemilih.

“ini temuan awal Kami, sebagai upaya membantu KPU dalam menyempurnakan daftar pemilih,” ujar Eka.

Lanjutnya, dengan menggunakan aplikasi Sianida dan seiring dengan proses pemutakhiran daftar pemilih, sistem ini menganalisis kegandaan mulai dari NIK, Nama, alamat dan tanggal lahir.

Sistem analisis tersebut operasionalnya akan menyandingkan kegadaan tersebut secara otomatis dalam item kegandaan internal dalam satu TPS dan antar TPS. Juga mendeteksi ganda potensial yang terdiri dari NIK dan nama ganda serta tanggal lahir.

“Yang terakhir adalah ganda identik, yang seluruhnya memiliki kesamaan mulai dari NIK, Nama, tanggal lahir, tempat lahir dan alamat,” ujarnya.

Dari data tersebut Bawaslu Banten akan merekomendasikan kepada KPU terkait temuan kegandaan daftar pemilih. Pasalnya, jika kegandaan ini tidak segera ditindak lanjuti tidak menutup kemungkinan akan disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab untuk mencari keuntungan politik dari kekisruhan daftar pemilih tersebut.

Selain itu daftar hasil analisis kegandaan ini juga akan jadi pegangan pengawas yang melakukan pengawasan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih di masing-masing TPS.

“Kita sudah kirimkan ke masing-masing PPL di tingkat TPS, dokumen hasil analisis kegandaan untuk segera ditindak lanjuti oleh PPDP yang menemukan adanya kegandaan tersebut,” tukasnya. [Ril-BWS/03]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Redaktur-02
Publisher: newsmedia.co.id
Bagikan:

KOMENTAR

Temukan Data Pemilih Ganda, Bawaslu Tegur KPU Banten
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top