Minggu, 22 April 2018 |
Pariwisata

Tempat Wisata Unik di Jambi

Kamis, 10 Nov 2016 | 17:12 WIB Dibaca: 1307 Pengunjung

suasana Jembatan Pedestrian dan Menara Gentala Arasy saat malam hari.*

[NEWSmedia] - Kota Jambi mungkin tak banyak masuk dalam daftar kota-kota yang ingin dikunjungi, sebab kota ini memang tak seperti Denpasar atau Yogyakarta yang namanya sudah sangat akrab dengan wisatawan. Namun Jambi memiliki banyak tempat wisata unik dan menarik untuk dikunjungi.

Seperti empat lokasi wisata unik berikut ini yang bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi saat bertandang ke Jambi:

- Jembatan Pedestrian dan Menara Gentala Arasy
Berwisata ke jembatan? Ya di Jambi ada satu jembatan unik yang disebut Jembatan Pedestrian. Seperti namanya, jembatan sepanjang 530 meter ini memang dikhususkan untuk pejalan kaki. Kendaraan bermotor dilarang keras melintasi jembatan yang membentang di atas Sungai Batanghari tersebut.

Para wisatawan bisa berjalan-jalan atau berfoto di jembatan yang memiliki bentuk berliku ini. Di bawahnya pemandangan Sungai Batanghari tersaji. Tak jauh dari Jembatan Pedestrian terdapat ikon kota Jambi yakni Menara Gentala Arasy. Menara ini merupakan ikon penyebaran Islam di Kota Jambi. Maka tak heran jika menara ini juga dimanfaatkan sebagai museum perkembangan Islam.

- Masjid Agung Al-Falah
Jika ingin menjajal wisata religi, pengunjung bisa mendatangi Masjid Agung Al-Falah atau yang lebih dikenal dengan Masjid 1000 Tiang. Ini merupakan masjid terbesar di Jambi.

Masjid ini dibangun pada 1971 dan selesai pada 1980. Meski disebut Masjid 1000 Tiang namun masjid ini sesungguhnya hanya memiliki 256 tiang. Uniknya bangunan ini tak berdinding dan masjid hanya terdiri dari ratusan tiang yang menyangga bangunan.

- Pasar Keramik Sitimang
Bagi para pecinta keramik, Pasar Keramik Sitamang, boleh jadi merupakan "surga". Di penuhi jajaran penjual keramik, pasar ini kini menjadi salah satu ikon wisata di Kota Jambi.

Para pedagang di pasar ini menjajakan keramik yang di impor dari Cina dengan kualitas bagus namun harga miring. Antara satu toko dengan toko lain juga menjajakan motif keramik yang hampir berbeda. 

Dulunya pasar ini merupakan sentra penjualan guci antik dari Cina. Namun seiring perkembangannya pasar kini menjual beragam bentuk keramik yang unik dan penuh warna.

- Taman Anggrek Sri Soedewi
Bagi para pecinta tanaman anggrek tak ada salahnya mengunjungi tempat ini saat berada di Jambi. Berada di tengah kota, Taman Anggrek Sri Soedewi menyuguhkan pemandangan indah puluhan jenis anggrek. Bahkan taman ini juga mempunyai anggrek-anggrek langka.

Cukup membayar dua ribu rupiah untuk dewasa dan 1.500 rupiah bagi anak-anak sebagai retribusi masuk taman wisata ini. Jangan khawatir saat pulang pengunjung akan diberikan secara gratis bibit anggrek untuk ditanam di rumah. Selain itu wisatawan juga dapat mempelajari bagaimana merawat anggrek dengan benar.[05]

Penulis: Rpk
Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Tempat Wisata Unik di Jambi

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top