Selasa, 24 Oktober 2017 |
Pariwisata - Kuliner

Tempat Wisata Kuliner Legendaris di Solo

Rabu, 21 Des 2016 | 17:04 WIB Dibaca: 751 Pengunjung

Timlo Sastro makanan khas solo.*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Bulan November 2015 lalu, Solo masuk dalam salah satu daftar kota wisata unggulan kuliner di Indonesia versi Kemenpar. Jelas saja, kota ini memang memiliki deretan tempat-tempat makan dengan cita rasa yang sudah tak diragukan lagi kelezatannya.

Itulah alasan mengapa banyak wisatawan yang rela datang jauh dari tempat asalnya ke Solo hanya untuk mencicipi kuliner khas yang terkenal dengan rasanya yang nikmat. 

Untuk Anda yang berencana datang ke Solo untuk liburan dengan keluarga, jangan lupa datang ke tempat-tempat wisata kuliner legendaris ini seperti yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Nasi Soto Ayam Gading

Tempat kuliner satu ini adalah langganan Presiden Jokowi. Menu ini cocok sekali dimakan saat sarapan. Soto ayam dengan kuah yang gurih dan segar tentu akan semakin nikmat saat ditambah campuran sambal, kecap, atau jeruk nipis. Pelengkap seperti tempe goreng, perkedel, sate telur, kerang, atau empal pun bisa Anda pilih sesuka hati. Satu porsi nasi soto ayam yang ada di tempat makan ini juga cukup terjangkau. Anda hanya perlu mengeluarkan Rp 12ribu menikmati semangkok soto lezat favorit Presiden Jokowi. Berminat untuk ke sana? Datang saja ke Jl. Gading Kidul, sekitar Alun-alun Selatan Kota Solo.

2. Timlo Sastro

Solo memang terkenal dengan menu-menu berkuahnya yang lezat. Selain soto, timlo juga jadi menu berkuah yang terkenal di Kota Surakarta ini. Bedanya, timlo tak menggunakan suwiran daging ayam melainkan jeroan seperti ati ampela, telor, dan sosis solo. Kuah timlo cenderung lebih bening dan rasanya tak kalah lezat jika dibandingkan dengan soto. Untuk tempat makan yang terkenal dengan timlo yang paling lezat di Solo ya Warung Timlo Sastro. Timlo Sastro bisa Anda temukan di Pasar Gede Kota Solo.

3. Serabi Notosuman

Belum sah rasanya jika ke Solo tanpa mencicipi Serabi Notosuman. Jenis makanan ini bisa dikatakan sebagai ikon kuliner Solo sebab warung serabi legendaris ini sudah dibuka sejak 1923 dan masih bertahan hingga sekarang. Serabi Notosuman memiliki rasa legit yang khas. Teksturnya pun lebih lembut karena menggunakan tepung beras dan santan sebagai bahan utamanya. Pengolahan serabi di warung ini masih dengan menggunakan cara tradisional yaitu dimasak dengan tungku. Saat ini, banyak varian rasa serabi yang bisa dicoba di tempat kuliner ini. Berminat mencicipi jajanan legendaris ini? Datang saja ke Jl. Muh. Yamin No.28, Jayengan, Serengan, Solo.

4. Selat Solo

Selat Solo bisa dikatakan sebagai steaknya warga Surakarta. Penyajiannya sama seperti steak, menggunakan potongan daging, telur, kentang goreng, serta tambahan sayuran seperti wortel dan buncis. Bedanya, saus yang ada di selat solo lebih dominan dengan rasa gurih manis serta teksturnya lebih encer jika dibandingkan dengan saus steak. Untuk Anda yang ingin mencicipi steak asli Indonesia ini bisa mampir ke Selat Solo Mbak Lies yang berada di Gang II Serengan, Solo.

5. Tahu Kupat Solihin

Tempat makan ini sebenarnya bernama Warung Sido Mampir, tetapi lokasinya yang berdekatan dengan Masjid Solihin membuat warung ini dikenal dengan nama Kupat Tahu Solihin. Warung legendaris ini terkenal dengan kupat tahunya yang lezat. Ketupat yang disajikan lengkap bersama tahu goreng, bakwan, kol, mi kuning, dan kacang disiram dengan kuah kecap yang rasanya legit dan lezat. Sajian ini akan bertambah sedap saat dipadukan dengan kerupuk gendar yang terbuat dari nasi. Jika berkunjung ke Solo, jangan lupa untuk datang ke Jl. Gajah Mada 95 dan menikmati Kupat Tahu Solihin.

Liburan bersama keluarga dan datang ke tempat wisata kuliner legendaris di Solo tentu jadi hal yang Anda nantikan. Sebelum berlibur, jangan lupa cek selalu Reservasi.com untuk dapatkan informasi terbaru seputar promo tiket pesawat dan hotel. [lpt]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Tempat Wisata Kuliner Legendaris di Solo

BERITA TERKAIT

Top