Selasa, 19 Desember 2017 |
News Room

Telusuri Saracen, Polda dan Pemprov Banten Kerjasama Patroli Cyber

Senin, 28 Agt 2017 | 21:17 WIB Dibaca: 423 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

SERANG, [NEWSmedia] - Kepolisian Daerah Banten dan Pemerintah Provinsi Banten membentuk Badan Koordinasi (Bakor) untuk melakukan patroli cyber bersama. Patroli cyber dilakukan untuk menelusuri jejak Saracen di Banten.

"Kita akan berkoordinasi dengan kepolisian untuk mendata situs atau web yang mencurigakan. Saat ini (situs web mencurigakan) sedang diinvetarisir oleh Kepolisian," kata Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Senin (28/8/2017).

Andika mengungkapkan, Pemprov Banten melalui Dinas Kominfo Statistik dan Persandian, berkoordinasi dengan kepolisian untuk melakukan pemantauan dan pengamanan konten-konten di media sosial.

"Pemprov berkoordinasi melalui Bakor  itu. Kami secara bersama-sama melakukan patroli cyber. Tapi untuk penanganannya, itu ranah aparat keamanan," terang Andika.

Andika berharap anak bangsa, utamanya di Banten, untuk tidak mudah terprovokasi oleh upaya-upaya memecah belah yang akhir-akhir ini banyak bertebaran di media sosial.

Kapolda Banten Brigjen Listyo Sigit Prabowo menambahkan, patroli cyber juga dilakukan untuk mempersempit ruang gerak penyebar ujaran kebencian.

Terkait kasus Saracen, kata Sigit, kepolisian tengah mengusut keberadaan jaringan organisasi penyedia jasa ujaran kebencian tersebut, hingga ke akar-akarnya.

"Setiap hari kami melakukan patroli. Jika mendapatkan link ujaran kebencian, kita koordinasi dengan Kominfo untuk diblokir," kata Sigit.

Menurut dia, hingga kini belum ditemukan jaringan Saracen di wilayah hukum Polda Banten. "Kami masih menunggu perkembangan laporan dari Mabes Polri," terangnya.

Diketahui, kepolisian berhasil mengungkap sindikat penyebar berita hoax, Saracen, pada 23 Agustus 2017. Kelompok Saracen memasang sejumlah tarif untuk jasa penyebaran berita hoax dan ujaran kebencian di media sosial.

Kelompok ini diketaui membuat proposal dan menyebarkannya kepada calon klien. Sayangnya, pihak kepolisian belum membeberkan siapa klien maupun calon klien Saracen. [mtr/ard]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Telusuri Saracen, Polda dan Pemprov Banten Kerjasama Patroli Cyber
Top