Minggu, 20 September 2020 |
News Adv

Tekan Kerusakan Infrastruktur Jalan, Petugas Dishub Banten Razia Truk Over Tonase

Jumat, 18 Nov 2016 | 13:04 WIB Dibaca: 1590 Pengunjung

Petugas Dishub Provinsi Banten melakukan operasi terhadap kendaraan truk yang melintas di Jalan Raya Sempu-Palima, Kota Serang, Kamis (17/11/2016).*

SERANG, [NEWSmedia] - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi Banten menggelar operasi terhadap kendaraan truk bermuatan lebih yang melintas di wilayah Banten. Operasi dilakukan sebagai upaya menguraki kerusakan infrastruktur jalan di jalur nasional maupun jalan provinsi di wilayah Banten.

Kepala Seksi Bindal Dalop Dishubkominfo Provinsi Banten, Yudi Yuniardi Surya mengatakan, operasi yang dilakukan bersamaan dengan operasi Kalimaya Polri ini, targetnya adalah kendaraan truk yang melanggar aturan.

Menurut dia, banyaknya kendaraan besar yang melintas di Banten dengan melebihi muatan atau tonase, sehingga mengakibatkan kerusakan infrastruktur.

“Rata-rata bermuatan melebihi kapasitas (tonase) tiga sampai lima persen. Misal yang JBI nya berkapasitan 7 ton, mereka justru malah 10 ton,” kata Yudi saat memimpin operasi di Jalan Raya Sempu-Palima, Kota Serang, Kamis (17/11/2016).

Kepala Bidang Pengendalian Operasional dan Rekayasa Lalu Lintas Dishubkominfo Banten, Sucipto, menambahkan, bahwa razia yang berlangsung satu jam itu, didapati belasan truk yang melanggar aturan tonase.

“Lebih dari 16 kendaraan yang overload, akan kita berikan sanksi berupa penilangan,” kata Sucipto.

Selain melanggar tonase, ada juga kendaraan truk yang tidak dilengkapi surat-surat, seperti KIR serta izin bongkar muat. Pengemudi truk yang melanggar itupun dilakukan penilangan. [adv/kominfo]

Penulis: Vredo Putra
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Tekan Kerusakan Infrastruktur Jalan, Petugas Dishub Banten Razia Truk Over Tonase
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top