Rabu, 19 Februari 2020 |
News Room

Tegal Bersiap Jadi Kota Kuliner

Sabtu, 04 Mar 2017 | 15:00 WIB Dibaca: 697 Pengunjung

Salah satu kuliner Tegal yang akan jadi prioritas promosi adalah Soto Tauco.*

[NEWSmedia] -  Jelang pencanangan Tegal sebagai Kota Kuliner pada 17 Maret 2017 di sepanjang Jalan Veteran Kota Tegal, Pemerintah Kota Tegal melibatkan masyarakat dari 27 kelurahan untuk menyajikan makanan khas.

Tidak hanya bisa dicicip, makanan olahan warga Tegal itu juga akan dilombakan dengan menggandeng ACMI sebagai juri. Selain itu, Wali Kota Tegal Siti Masitha Soeparno mengaku juga bersurat kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan kementerian terkait agar bisa membuka acara tersebut.

"Warteg sekarang sudah mendunia dan masyarakat luas bisa mengetahui asal-usul warteg berasal dari Kota Tegal, termasuk soto sebagai makanan Indonesia yang ternyata Kota Tegal juga mempunyai makanan khas tersebut yaitu Soto Tauco," kata Wali Kota, Rabu, 1 Maret 2017. 

Selain menjadi kota warteg, Tegal juga dikenal sebagai Kota Bahari. Maka itu, salah satu jenis masakan yang diperlombakan juga memasukkan unsur hasil laut di dalamnya. 

Rencananya, setelah acara tersebut, Pemerintah Kota Tegal juga akan mendokumentasikan semua makanan yang dilombakan pada acara pencanangan Kota Tegal sebagai Kota Kuliner.

"Kita akan buat buku yang menceritakan sejarah asal muasal warteg ini, karena semua tahu warteg tapi asal-usulnya juga harus tahu pula. Kita akan kerja sama dengan majalah Historia yang akan mengupas tentang warteg yang membanggakan kita semua," ujar Siti. 

Sementara itu, Ketua dan pendiri ACMI Santhi SeradSanti memberikan beberapa kriteria penilaian untuk perlombaan  pada gelaran pencanangan Kota Kuliner. Di antaranya, keotentikan, cita rasa, tampilan dan cara memasak.

"Sambal yang juga mejadi poin penilaian sebagai juga syarat untuk ikut lomba dan juga apakah benar soto tauco ini dari Kota tegal, termasuk olahan ikan dan ada jajanan juga," ucap Santi.

Ia mengaku, senang bisa berkunjung ke Kota Tegal untuk mencoba sejumlah masakan ataupun makanan khas Kota Bahari yang memiliki cita rasa yang cukup bervariatif. 

"Saya senang sekali berada di sini mempolurken dan memperkenalkan Kota Tegal," ucap dia. [lpt]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Tegal Bersiap Jadi Kota Kuliner
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top