Senin, 18 Desember 2017 |
News Room - Pemerintahan

Tb Iman Ariyadi Langsung Diganti, Cilegon Kini Dipimpin Edi Ariadi

Senin, 25 Sept 2017 | 17:20 WIB Dibaca: 601 Pengunjung

Dirjen Otda Kemendagri Sumarsono membacakan surat perintah Menteri Dalam Negeri tentang penugasan Wakil Wali Kota Cilegon Edi Ariadi sebagai Plt Wali Kota Cilegon di ruang rapat Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Kota Serang, Senin (25/9/2017).*

SERANG, [NEWSmedia] - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah mengeluarkan surat pergantian terhadap Wali Kota Cilegon Tubagus Iman Ariyadi yang ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK terkait dugaan suap perizinan pembangunan Transmart di Cilegon.

Pergantian Tb Iman Ariyadi sebagai Wali Kota Cilegon tertuang dalam Surat Perintah Menteri Dalam Negeri Nomor 132.36/4424/SC tentang Penugasan Wakil Walikota Cilegon sebagai Wali Kota Cilegon.

Melalui surat tersebut, Wakil Wali Kota Cilegon Edi Ariadi yang ditugaskan untuk menjabat Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Cilegon per hari ini, Senin, 25 September 2017.

Surat perintah tersebut diserahkan langsung hari ini oleh Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sumarsono kepada Gubernur Banten Wahidin Halim di Pendopo Gubernur Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang, Senin (25/9/2017).

“Surat perintah ini berkenaan dengan operasi tangkap tangan dan penahanan Tb Iman Ariyadi sebagai Wali Kota Cilegon oleh Komisi Pemberantasan Korupsi pada 22 September 2017,” kata Sumarsono kepada awak media.

Sumarsono mengatakan, penetapan Plt Wali Kota Cilegon ini dilakukan berdasarkan Undang-Undang Pemerintahan Daerah. “SK ini cepat dilakukan karena hal ini merupakan komitmen dari KPK kepada Kemendagri untuk segera mengisi kekosongan agar roda pemerintahan tetap berjalan,” ujarnya.

Pada saat menyerahkan surat, Sumarsono meminta kepada Edi Ariadi, termasuk Gubernur Banten Wahidin Halim untuk memonitor kasus dugaan suap yang melibatkan Iman Ariyadi serta sejumlah pejabat di Pemkot Cilegon dan pengusaha, agar setiap perkembangannya dilaporkan ke Kemendagri.

Berkaitan dengan surat Kemendagri, Gubernur Banten Wahidin Halim juga mengeluarkan Surat Keputusan Gubenur Banten Nomor 132/keputusan.371.hukum/2017 tentang Penugasan Pelaksana Tugas Wali Kota Cilegon.

Dengan adanya dua surat tersebut, mulai hari ini, Edi Ariadi resmi menjalankan tugas Wali Kolta Cilegon yang sebelumnya diemban Iman. “OTT KPK dan keputusan Mendagri menjadi alasan kuat bagi Gubernur Banten menugaskan Wakil Wali Kota untuk menjadi Plt Wali Kota Cilegon,” ujar Wahidin seraya mengatakan, setiap kebijakan daerah yang diambil oleh Plt harus dilaporkan kepada Gubernur Banten. [ard/idr]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Tb Iman Ariyadi Langsung Diganti, Cilegon Kini Dipimpin Edi Ariadi
Top