Minggu, 20 Oktober 2019 |
Tekno

Taruh Perkakas di Bawah Jok Motor Bisa Picu Kebakaran

Sabtu, 12 Okt 2019 | 19:20 WIB Dibaca: 268 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Setiap sepeda motor yang dijual oleh diler, dilengkapi dengan perkakas. Gunanya, saat terjadi masalah di jalan pengendara bisa menggunakannya untuk memperbaiki komponen yang bermasalah.

Umumnya, perkakas tersebut terdiri dari dua kunci pas, satu obeng dua mata, serta kunci busi. Semuanya disimpan dalam sebuah wadah kantung berbahan plastik, dan ditaruh di bawah jok.

Ada dua alasan, mengapa perkakas tersebut disimpan dalam wadah khusus. Pertama, agar tidak tercecer. Yang kedua, bahan metal dari perkakas tersebut tidak memicu timbulnya bahaya.

Hal itu bukan tanpa alasan. Berdasarkan unggahan akun Instagram @agoez_bandz4, dilansir Senin 7 Oktober 2019, terlihat motor jenis sport hangus pada bagian joknya. Menurut keterangan unggahan itu, api muncul akibat perkakas yang disimpan di bawah jok.

Saat dikonfirmasi, Technical Service Division PT Astra Honda Motor, Endro Sutarno membenarkan bahwa hal itu bisa saja terjadi. Menurutnya, api muncul akibat terjadi korsleting.

“Ada pengguna motor menaruh kunci ring atau kunci pas dekat aki. Pada saat ada getaran, guncangan, kunci itu menyentuh terminal positif dan negatif aki, jadi korsleting dan muncul bunga api,” ujarnya

Menurut Endro, pemilik motor sebaiknya tidak menaruh perkakas di dekat aki. Apalagi, jika kondisinya tidak ada pelindung antara aki dengan wadah penyimpan perkakas. Pastikan bahwa perkakas disimpan dalam wadah khusus, dan memiliki pengikat.

“Mungkin si pemilik motor menyelipkan kunci di dekat situ, enggak menyangka bakal kejadian,” tuturnya. [viva]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

LAINNYA

Semir Ban Bisa Merusak Karet, Mitos atau Fakta?
Jumat, 18 Okt 2019 | 15:56 WIB
Semir Ban Bisa Merusak Karet, Mitos atau Fakta?
3 Cara Membuat Konsumsi BBM Harian Lebih Irit
Kamis, 17 Okt 2019 | 16:11 WIB
3 Cara Membuat Konsumsi BBM Harian Lebih Irit

KOMENTAR

Taruh Perkakas di Bawah Jok Motor Bisa Picu Kebakaran

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top