Minggu, 20 September 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Tanda-Tanda Tubuh Kurang Imunitas, Jarang Demam Malah Berbahaya

Sabtu, 28 Apr 2018 | 00:05 WIB Dibaca: 597 Pengunjung

Foto ilustrasi

[NEWSmedia] - Pergantian cuaca yang ekstrem belakangan membuat kita rawan terkena penyakit. Oleh karena itu, kita harus mempertahankan agar sistem imunitas tubuh kita tetap prima, agar kita tidak terpapar penyakit.

Sistem imunitas atau kekebalan tubuh, adalah cara cerdas tubuh kita melawan racun seperti bakteri, virus, jamur, parasit, benda asing atau bahkan zat berbahya. Imunitas yang kuat, tidak hanya melindungi kita dari pilek dan batuk tetapi juga menjauhkan kita dari penyakit seperti hepatitis, infeksi paru-paru, infeksi ginjal, infeksi usus dan autoimun.

Saat ini, kita hidup dikelilingi oleh patogen, baik dari minuman, makanan, bahkan ketika kita sedang bernapas, patogen dapat masuk tanpa sepengetahuan kita.

Meski begitu, tidak semua orang akan sakit karena terpapar patogen. Orang-orang dengan sistem kekebalan yang kuat, cenderung lebih mampu bertahan dari penyakit. So.. imunitas tubh menjadi pertahan pertama dan terakhir dari segala macam penyakit yang hendak menyerang tubuh kita.

Sayangnya, tidak setiap saat tubuh kita prima dan bisa menahan penyakit-penyakit tersebut. Ada kalanya kita merasa sangat lelah yang menyebabkan imunitas tubuh kita menurun. Tubuh kita pun akan memberikan alaram ketika imunitas tubuh kita telah mengalami penurunan.

Ada beberapa indikator yang tubuh kita berikan, untuk memberikan sinyal bahwa imunitas kita sedang menurun. Apa saja?

Alergi
Jika kamu sering mengalami alergi seperti pilek, batuk terus-menerus, sakit tenggorokan, ruam kulit, maka sangat mungkin bahwa sistem kekebalan tubuhmu terganggu. Bahkan, penyakit-penyakit kecil seperti diare, radang, sariawan, pembengkakan kelenjar getah bening juga mencerminkan imunitas yang rendah.

Banyak orang jatuh sakit, karena sedikit perubahan cuaca, ini bisa disebabkan karena suhu tubuh yang rendah. Normalnya, suhu tubuh manusia tidak boleh di bawah 36,3 derajat C, untuk mendukung sistem imunitas. Karena, virus flu biasanya berkembang jika suhu tubuh kamu mencapai 33 derajat.

Bagi kamu sudah merasakan gejala ini, kamu mencegahnya dengan olahraga teratur untuk meningkatkan suhu tubuh dan meningkatkan imunitas. Konsumsi rempah-rempah seperti bawang putih, jahe, kayu manis, cengkeh yang bekerja untuk menghangatkan tubuh.

Jarang Demam
Salah satu tanda bahwa sistem imunitas tubuh kamu rendah adalah, kamu jarang demam. Apa alasannya?

Demam, menjadi salah satu cara tubuh kita melawan penyakit. Tetapi kebanyakan dari kita akan mengonsumsi obat untuk menekan demam. Akibatnya, tubuh kita tidak memiliki kemamuan untuk menciptakan demam saat dibutuhkan.

Jika kamu belum mengalami demam selama bertahun-tahun meskipun mengalami infeksi, itu adalah pertanda bahwa imunitas tubuh kamu kurang loh.

Gangguan Pencernaan
Sekira 80% imunitas tubuh terletak di perut kita. Konstipasi kronis, gangguan pencernaan, keasaman, perut kembung adalah tanda-tanda usus kamu tidak sehat, yang berarti sistem imunitas kita juga rendah. Kesehatan usus yang buruk, berarti ketidakseimbangan antara bakteri usus yang baik dan buruk. Jika sudah demikian, kamu bisa mengonsumsi probiotik dan melakukan diet sehat.

Kekurangan Vitamin D3
Vitamin D adalah pintu utama imunitas tubuh kita, dan sebagian besar dari kita tidak sadar bahwa kita kekurangan vitamin D. Jika vitamin D di darahmu rendah, maka kamu harus berusaha keras untuk meningkatkan levelnya.

Adapun tanda-tanda kamu kekurangan Vitamin D, antara lain cepat lelah, lesu, cedera yang membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh, insomnia, depresi dan bahkan lingkaran hitam di bawah mata, semuanya mengarah rendahnya imunitas.

Terlalu banyak memproduksi lendir juga dapat menurunkan imunitas. Oleh karena itu, kurangi gula, garam, makanan olahan dan susu yang berlebihan untuk menetralkannya. Yuk terapkan, semoga membatu kamu lebih sehat! [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Tanda-Tanda Tubuh Kurang Imunitas, Jarang Demam Malah Berbahaya
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top