Senin, 23 September 2019 |
News Room - Pemerintahan - Pariwisata

Taman Nasional Ujung Kulon Pandeglang Diusulkan Jadi Geopark

Jumat, 13 Sept 2019 | 10:02 WIB Dibaca: 214 Pengunjung

Bupati Pandeglang, Irna Narulita saat berkoordinasi dengan Menteri ESDM Ignasius Jonan. (Instagram/ @irnacenter)*

JAKARTA [NEWSmedia] - Pemerintah Kabupaten Pandeglang saat ini telah mengusulkan Taman Nasional Ujung kulon menjadi Geopark Nasional Ujung Kulon.

Merujuk pada hal tersebut, beberapa tahapan telah dilakukan diantaranya pada saat ini berkoordinasi dengan Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM)

“Kita berharap setelah berkoordinasi dengan Bapak Menteri, Ujung Kulon bisa ditetapkan menjadi Geopark Nasional," kata Bupati Irna Narulita usai bertemu dengan Menteri ESDM Ignatius Jonan di kantornya, Kamis (12/9/2019).

Ia menjelaskan, tahapan yang saat ini ditempuh yaitu pengumpulan data, di antaranya bersama balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), Badan geologi kementerian ESDM RI dan Pusat penelitian geopark dan kebencanaan geologi UNPAD Dinas Esdm Provinsi Banten.

"Pertemuan ini guna mendorong percepatan penetapan warisan geologi oleh Bapak Menteri ESDM agar Geopark Ujung Kulon Pandeglang bisa ditetapkan sebagai Geopark Nasional. Syaratnya yang pertama sesuai tahapan dalam Perpres Nomor 9 tahun 2019 tentang penetapan Geopark," ujarnya

Selain itu, Irna juga menegaskan, langkah lainnya yang telah ditempuh adalah menyusun dan menetapkan keputusan Bupati Pandeglang tentang penetapan lokasi Geopark Ujungkulon, focus grup discussion dan sosialisasi tentang geopark, membentuk menetapkan Tim percepatan geopark Ujungkulon dan pembentukan menetapkan badan pengelola geopark, survey ke lokasi calon geo site di deliniasi kawasan Geopark Ujung Kulon berada di 8 kecamatan, pembuatan Master Plan Geopark.

"Langkah selanjutnya yaitu Presentasi di Komite nasional geopark indonesia untuk Penetapan Geopark Nasional, dan mohon doanya semoga dalam waktu tidak terlalu lama penetapannya," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Taman Nasional Ujung Kulon Pandeglang Diusulkan Jadi Geopark

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top