Jumat, 16 November 2018 |
Pariwisata - News Gallery

Talaga Nilem Kolam Jernih di Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai

Jumat, 07 Jul 2017 | 16:15 WIB Dibaca: 1515 Pengunjung

Talaga Nilem, Kolam Sejernih Kaca.*

[NEWSmedia] - Menjelajahi alam Indonesia seakan tidak akan ada habisnya. Bepergian sepanjang umur pun rasanya tidak akan cukup untuk mengunjungi semua keindahan yang dimiliki Indonesia.

Alam yang menakjubkan keindahannya itu juga dimiliki oleh Kuningan. Di Kabupaten Kuningan, wisatawan bisa menjumpai sebuah telaga yang bernama Nilem.

Kabar baiknya ialah Talaga Nilem dapat dengan mudah diakses oleh wisatawan, dan tidak memerlukan perjuangan yang berlebihan, karena terletak tidak jauh dari Kabupaten Cirebon dan Majalengka, serta masih berada di Kawasan Kompleks Wisata Talaga Remis.

Ketika berencana untuk mengunjungi Talaga Nilem, Anda harus membawa baju renang dan pakaian ganti. Sebab, belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Talaga Nilem tapi tidak berenang dan menyelami dasar telaganya.

Mata air yang mengisi telaga bersumber dari mata air pegunungan yang juga jadi salah satu penyebab jernih dan segarnya air Talaga Nilem. Air telaga berwarna hijau kebiruan yang mampu membuat wisatawan lupa mengedipkan mata.

Air yang jernih membuat segala kehidupan yang ada di dasar telaga bisa terlihat jelas. Bebatuan, ikan-ikan Nilem yang berenang dengan cerianya, hingga ganggang hijau turut menyempurnakan panorama bawah telaga.

Namun, bagi wisatawan yang berminat untuk berenang harus tetap berhati-hati walau air telaga tenang dan cenderung tidak berarus, karena kedalaman telaga tidak sama satu dengan sisi lainnya. Ada yang hanya setinggi mata kaki, hingga ada pula yang sedalam 2 hingga 3 meter.

Talaga Nilem yang dikelilingi pohon membuat suasana semakin teduh dan nyaman, sehingga wisatawan bisa betah berlama-lama ketika berada di telaga. Talaga Nilem bak sebuah akuarium besar yang memiliki air jernih serta mampu dijadikan kolam renang bagi pengunjungnya.

Rute untuk menuju Talaga Nilem cukup mudah diakses dari mana saja, mulai dari perbatasan Cirebon, Majalengka, dan Kuningan. Talaga Nilem hanya berjarak sekira 35 km dari pusat Kota Kuningan ke arah utara. Setelah itu, wisatawan bisa langsung menuju ke Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Talaga Nilem Kolam Jernih di Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top